Pakai Cara Ini untuk Hilangkan Baret dan Goresan pada Mobil

Sumber : instructables.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Goresan atau baretan pada mobil kesayangan kamu seringkali menjadi hal yang sangat menyebalkan. Hal ini mungkin sering terjadi terutama bagi kamu yang mengendarai mobil untuk pergi menjalani aktivitas sehari-hari. Goresan pada mobil bisa terjadi karena bersenggolan dengan kendaraan lain atau bisa juga karena menyenggol objek lain saat sedang memarkir mobil.

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Nah, buat kamu yang di mobilnya terdapat goresan atau baretan, jangan khawatir. Inspektor Carsome bakal memberikan tips mudah untuk menghilangkan baretan pada mobil kesayangan kamu. Simak tipsnya berikut ini.

1. Periksa kedalaman goresan.

Pengakuan Eks Pegawai Kementan: Gelontorkan Rp 430 Juta Buat Bayar Alphard SYL

Sering kita jumpai di mobil goresan sebenarnya bukan kerusakan pada cat. Hanyalah segaris tonjolan atau hanya debu yang menempel dan mengeras. Bila cuma kotoran, cukup dilap saja dengan kanebo basah. Apabila goresan masih muncul tapi tidak dalam, maka goresan tersebut akan lebih mudah dihilangkan.

Cara mengetahui seberapa parah goresan di mobil yaitu dengan melihat kedalamannya. Bila sampai terlihat warna perak khas besi atau logam, maka goresan tersebut termasuk dalam dan mungkin akan sulit diperbaiki di rumah

Mobil Menteri Pelat Nomor RI 41 Ini Berani Tampil Beda

2. Bersihkan dengan menggunakan kompon.

Kamu bisa menggunakan kompon untuk menghilangkan baret mobil jika goresan tidak terlalu parah dan masih dalam skala ringan. Kompon sendiri bertujuan untuk mengikis cat di sekitar goresan. Hingga goresan menjadi hilang tertutup oleh cat di sekitarnya.

Kompon yang biasa digunakan untuk menghilangkan goresan ringan adalah kompon putih yang memiliki daya kikis kuat. Jangan lupa gunakan air bersih sebelum dan sesudah mengoleskan kompon pada lokasi goresan di mobil. Setelah itu lap dengan kain secara perlahan.

3. Gunakan pasta gigi.

Kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan mobil kamu, loh. Namun sama seperti kompon, cara ini hanya bisa kamu lakukan jika goresan atau baretan pada mobil kamu tidak terlalu dalam dan hanya goresan biasa saja. 

Caranya cukup dengan membersihkan terlebih dahulu area yang terkena goresan. Lalu oleskan pasta gigi pada kain yang telah dibasahi. Setelah itu, gosoklah pada bagian mobil yang memiliki baret secara melingkar agar pemolesan rata pada semua bagian. 

4. Menggunakan scratch remover?.

Apabila goresan sifatnya tidak parah, kamu juga bisa mencoba menutupinya dengan scratch remover. Pengaplikasian scratch remover ini mungkin butuh hingga lima kali poles untuk menghilangkan goresan dengan baik

Cukup oleskan cairan scratch remover dengan menggunakan jari tangan pada bodi mobil yang tergores secara merata. Setelah itu, gosok bagian tadi menggunakan kain micro-fiber. Tekan pelan-pelan agar cairan scratch remover ini bisa bekerja optimal.

Sejumlah cara di atas bisa kamu coba untuk menghilangkan baretan dan goresan yang ada pada mobil kamu. Jika tidak berhasil, kamu bisa membawa mobil kamu ke bengkel untuk penanganan yang lebih optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.