Nasib Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Era Digitalisasi

Proses pembuatan lambang garuda pancasila raksasa
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dalam proses kreatif seni, pada umumnya, pelaku seni sudah pasti akan mengalamai pengalaman cepat atau lambatnya kreativitas di bidang-bidang seni yang digelutinya. Terutama bagi Nursih Basuki Art Studio yang menggeluti seni kriya logam khususnya tembaga dan kuningan.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Studio seni kriya logam yang terletak di Dusun Mutihan, Kotagede, Yogyakarta ini harus terus tumbuh bersama perkembangan zaman yang begitu cepat. Dalam beberapa karya Nursih Basuki Art Studio yang selama ini hanya mengandalkan pengalaman pribadi menyelesaikan ide pemesan yang nantinya bisa ditimang sayang oleh pemesannya.

Secara teknis, baik itu karakter karya, estetika karya hingga modelnya selalu bergerak pada intuisi kreativitas pengrajin. Boleh dikatakan seniman kriya logam memiliki kebebasan kreatif tersendiri.

Akhir Tragis Penghina Nabi Muhammad SAW

Budaya digital memengaruhi semuanya. Yang konvensional dan itu-itu saja tak bisa lagi mengakomodasi berbagai kegelisahan kreatif. Pengrajin tembaga dan kuningan tak hanya harus mengikuti arus perkembangan, namun juga harus mampu menjinakkan garis dan konsep yang terpengaruh zaman menjadi tantangan baru sebuah proses kreatif.

Sejarah ataupun warisan di bidang seni kriya logam memberikan keterampilan bisa membuat karya fungsional atau untuk interior kebutuhan rumah tangga. Namun semakin ke sini, berbeda, pemesan bisa memesan semua apa yang ia inginkan mengacu pada informasi digital.

Cantik! 10 Halte TransJakarta Disulap Bak Galeri Seni, Cocok Jadi Spot Instagramable

Dan seniman harus mampu menjadikan tantangan tersebut sebagai energi positif. Dinamika waktu tumbuh itulah yang akan menjadi tantangan para pelaku seni kriya logam ke depan.

Ilustrasi pameran virtual.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Seorang pegawai museum seni Pinakothek der Moderne di Munich, Jerman, diam-diam menggantungkan lukisannya sendiri di samping karya Pablo Picasso atau Franz tanpa izin itu

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.