Wajib Dihindari, Ini 9 Kesalahan Fatal Para Pebisnis Pemula

Source : blog.deprintz.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Manusia adalah makhluk biasa yang tak bisa terhindar dari namanya kesalahan. Walaupun mereka sudah berbuat sekuat tenaga untuk menghindarinya, kesalahan selalu saja akan datang entah kapan.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Kesalahan memang sulit sekali untuk dicegah, tetapi peluang terjadinya kesalahan dapat diminimalisir. Sehingga, kesalahan tersebut tidak menjadi suatu akhir bagi orang tersebut. Berikut adalah kesalahan-kesalahan fatal bagi pebisnis yang dapat dihindari atau diminimalisir.

1. Investasi Tanpa Validasi

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Bisnis adalah sesuatu yang sangat menguntungkan. Namun hal itu akan menjadi kebalikan apabila Anda tidak menggunkana validasi. Jadi, sebelum Anda investasikan uang maupun waktu, ada baiknya Anda mengkaji ulang gagasan Anda. Anda juga bisa belajar dari seseorang yang sukses atau bergabung dengan komunitas di media sosial. Dengan begitu, Anda akan 100 persen siap karena sudah mengerti apa yang harus dan akan dilakukan.

2. Tidak Peka dengan Pasar

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Memiliki gagasan menarik namun lamban dalam hal realisasi merupakan kesalahan fatal lainnya. Walaupun sudah konsultasi dengan orang yang sukses, bergabung dengan komunitas, dan peka dengan pasar juga harus untuk memulai bisnis. Maka dari itu, Anda juga harus bergerak cepat. Saat Anda mempunyai gagasan, Anda tidak boleh terlena dengan banyak berpikir. Segera temukan sesuatu yang cocok dan fokus untuk memulainya. Anda juga harus memperhatikan perkembangan konsumen dalam merespons gagasan Anda.

3. Bingung Kapan ‘Banting Stir’

Setelah melewati berbagai upaya untuk memvalidasi gagasan Anda dengan tepat, akan ada masanya sesuatu yang tak terduga akan terjadi. Untuk itu, Anda harus segera mengubah strategi bisnis Anda menjadi sesuai dengan perkembangan. Pertimbangkan semua yang Anda pelajari dan segera ‘banting stir’ agar tidak rem mendadak dan bisnis Anda berhenti di tengah jalan.

4. Terlalu Banyak Masukan Bisnis

Masukan dari orang lain memang perlu diperhatikan. Jika Anda menolak masukan dari orang, bisa jadi Anda mengabaikan peluang untuk sukses. Namun apabila Anda terlalu banyak masukan dari orang, hal itu akan membuat Anda tidak fokus. Apalagi jika yang memberi masukan tidak ada kaitan sama sekali dengan bisnis Anda. Pelajari masukan bisnis mereka dan pilih penasehat bisnis yang sesuai.

5. Pemasaran Kurang Maksimal

Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa gagasan adalah satu-satunya hal yang penting dalam dunia bisnis. Ternyata, gagasan juga harus diimbangi dengan pemasaran. Bila salah satu dilakukan dengan salah, bisnis akan sulit berkembang atau lebih parahnya lagi bisnis Anda akan tutup. Pemasaran online adalah salah satu pilihan terbaik di zaman sekarang. Mulailah dengan pembelajaran SEO agar bisnis Anda akan mudah ditemukan di internet

6. Tidak Memprioritaskan Konsumen

Katakanlah Anda sudah menjalankan pemasaran dan gagasan dengan sangat baik. Tetapi bisnis Anda sulit sekali untuk berkembang. Hal itu mungkin dikarenakan hanya sedikit orang yang sedang membutuhkan gagasan Anda. Mulailah dengan survei hal apa saja yang dibutuhkan konsumen agar bisnis anda berjalan lancar.

7. Siapkan Modal

Saat Anda membangun bisnis, modal merupakan hal yang harus disiapkan dan dipikirkan. Dengan modal yang kurang, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda gagal dalam membangun bisnis Anda. Hal yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana cara mendapatkan dan berapa banyak yang Anda butuhkan. Mulailah dengan membuat perencanaan atau bahkan menemukan sumber modal yang tepat seperti mencari investor.

8. Jaringan Bisnis yang Sedikit

Sudah bukan rahasia umum, jika kesuksesan itu bergantung pada lingkungan Anda bergaul dan seberapa banyak orang yang kenal dengan Anda. Jika Anda menutup diri dan tidak mau berkomunikasi dengan konsumen maupun para ahli industri, maka Anda akan mudah untuk kehilangan peluang usaha. Sebagai seorang pebisnis, memperluas jaringan merupakan suatu hal wajib yang Anda lakukan. Dengan memperluas jaringan, maka Anda akan dikenal banyak orang dan nama Anda pun akan ikut terseret dalam pergaulan pengusaha lainnya.

9. Memilih Karyawan yang Tepat

Bisnis yang bagus tanpa seorang karyawan yang kompeten merupakan salah satu hal yang mustahil untuk terwujud. Oleh karena itu, carilah karyawan yang bekerja tepat dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap perusahaan. Sebagai seorang pemimpin, Anda wajib mempertimbangkan karyawan Anda yang sudah qualified atau belum. Jangan asal dalam memilih karyawan.

Nah, itulah sembilan kesalahan fatal yang sering kali dilakukan oleh pemula. Sebisa mungkin hindari kesalahan di atas dan bisnis Anda pun akan sukses hingga masa ke masa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.