Cara Cepat Mendeteksi Komstir Motor yang Rusak

Cara cepat mendeteksi ciri ciri komstir yang rusak
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebagai pengendara sepeda motor yang mendahulukan kenyamanan saat berkendara, pasti merasa terganggu dan kurang nyaman jika komstir pada motornya dianggap bermasalah. Namun terkadang masih banyak pengendara belum bisa membedakannya.

Setang Motor Menjadi Liar, Ini Penyebabnya

Jika memang benar komstirnya itu rusak atau bermasalah, itu sih gampang. Kalian tinggal datang ke bengkel untuk segera menggantinya. Tapi jika masih ragu bagian apa yang sebenarnya bermasalah, harus memastikan kebenarannya. Nah, kalian bisa mendeteksinya dengan cara berikut ini.

Pada umumnya yang paling mudah kita rasakan adalah pada bagian stang kemudi yang terasa longgar. Atau ketika saat kendaraan berbelok akan terasa berat. Tapi jika semua hal itu tidak dirasakan, kalian bisa melakukannya dengan cara memencet rem depan kemudian digenjot-genjot seperti kita akan mengecek shockbreaker. 

Cara Gampang Ketahui Komstir Motor Sudah Rusak

Bila memang komstir motor kalian rusak atau oblak, maka pada saat itu juga akan terasa. Namun cara itu masih kurang pas, karena hasilnya tidak langsung bisa memastikan komstirnya yang bermasalah. Karena pada cara itu bearing atau klaher yang oblak atau rusak juga bisa terdeteksi atau terasa.

Jadi jika ingin lebih pasti, sebaiknya kalian melakukan dengan cara ini. Pertama-tama motor harus dalam keadaan tegak atau dalam posisi standar tengah. Kemudian pegang kedua shockbreaker sambil diangkat. Setelah itu kita dorong-dorong ke depan dan belakang. Maka pada saat itu juga komstir yang oblak akan sangat terasa. Untuk lebih jelas silakan lihat pada gambar di bawah ini:

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo

Cara mengecek komstir yang rusak

Cara mengecek komstir yang rusak

Dan untuk komstir yang rusak atau oblak ada 4 empat kemungkinan penyebabnya, yaitu :

1. Shockbreaker terlalu lembek, keras atau bocor tidak langsung diperbaiki.

2. Kendaraan sering melewati jalan yang rusak, sehingga getaran-getaran pada kendaraan mempercepat kondisi komstir cepat rusak.

3. Penyetelan yang kurang pas atau kurang kencang. Jika sebelumnya komstir sudah pernah diganti maka akibat penyetelannya yang kurang pas atau kurang kenceng bisa juga menyebabkan komstir cepat rusak atau oblak.

4. Komstir memang sudah waktunya diganti.

Nah kesimpulannya, jika komstir pada motor kalian terasa bermasalah, rusak atau oblak sebaiknya melakukan pengecekan lebih dulu dengan cara yang sudah kita bahas tadi. Agar bisa lebih memastikan rusak apa tidaknya komstir tersebut. Setelah jelas, baru kita bisa mengambil keputusan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.