Anggrek Monyet, Bunga Unik yang Bikin Penasaran

Tumbuhan monyet
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pembeda bunga anggrek pada umumnya terlihat dari ragam warna. Namun tak demikian dengan bunga anggrek yang dikenal dengan nama Monkey Orchid atau anggrek monyet ini. Dikutip dari Oddity Central, penampakan corak bunga anggrek itu benar-benar mirip dengan wajah seekor monyet. Meskipun beberapa orang menyangka foto bunga itu seperti dipoles menggunakan pengedit gambar digital.

Pelestarian Budaya Lewat Busana, Ivan Gunawan Kenalkan Bunga Anggrek Sorume Melalui Koleksi Terbaru

Awalnya, keberadaan bunga anggrek monyet itu sempat diragukan. Namun keberadaannya terkuak sejak foto-fotonya beredar di internet sekitar setahun yang lalu. Nama ilmiah bunga Monkey Orchid itu adalah Dracula Simia. Sesuai dengan sosok makhluk penghisap darah, drakula.

Bunga itu memiliki 2 bagian yang menjuntai ke arah bawah, mirip dengan taring Bram Stoker, salah satu drakula yang terkenal. Sementara dalam bahasa Latin, Dracula Similia berarti monyet.

Resmikan Rumah Kaca Anggrek, Megawati Kenang Masa Kecil Tinggal di Istana Bogor

Anggrek monyet itu hanya tumbuh di daerah pegunungan Ekuador, Kolombia dan Peru, pada ketinggian antara 1.000 dan 2.000 meter di atas permukaan laut. Namun ada juga kolektor bunga langka beruntung yang berhasil menanamnya di penangkaran. Si bunga anggrek monyet itu juga bukan bunga musiman. Di habitat aslinya, bunga itu dapat tumbuh setiap saat.

Tak hanya memiliki corak unik menyerupai wajah monyet, keunikan lain pada bunga itu adalah aromanya yang tak umum. Bukan aroma pisang seperti yang dibayangkan dari corak monyet yang terukir pada bunga itu. Bukan pula aroma bunga pada umumnya yang wangi. Namun bunga anggrek monyet itu justru beraroma segar seperti jeruk. 

Ganjar Pranowo Jadi Nama Jenis Bunga Anggrek

Tumbuhan monyet

Tumbuhan monyet

Bea Cukai lakukan ekspor perdana

Ekspor Perdana, 114 Bunga Anggrek Asal Malang Tembus Pasar Taiwan

Salah satu UMKM di bawah pengawasan Bea Cukai Malang, Badan Usaha Milik (BUM) Desa Bersama Singosari lkd., berhasil merealisasikan ekspor perdana bunga anggrek.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.