5 Hal Mengejutkan Jika Bumi Itu Datar, Wajib Tahu!

Bumi Datar
Sumber :
  • vstory

VIVA – Meski ratusan tahun yang lalu para astronom membuktikan bahwa bumi itu bulat, tetapi masih ada pihak yang mengatakan bahwa bumi itu benar-benar datar. Teori ini kemudian menyebar sehingga lebih banyak orang percaya bahwa bumi itu memang datar. Padahal sebelumnya para astronom telah memberikan bukti terperinci dan masuk akal tentang bumi bundar.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Tetapi berbicara tentang bentuk bumi, tentu akan ada perbedaan yang signifikan dalam fenomena antara bumi ketika memiliki bentuk bulat dan datar. Jadi apa yang akan terjadi jika bumi itu datar? Lihatlah ulasan di bawah ini.

1. Gravitasi akan menarik kita semua menuju bagian utara bumi

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Hal pertama yang akan terjadi jika bumi benar-benar datar adalah kita semua akan ditarik ke utara. Ini karena jika bumi itu datar, gravitasi tidak akan menarik kita ke bawah tetapi ke pusat bumi, yang merupakan bagian utara bumi.

2. Tidak ada sistem navigasi

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Lebih lanjut, jika bumi datar, sistem GPS tidak akan pernah ada. Ini karena GPS mengandalkan satelit yang berputar mengelilingi bumi sebagai pusat informasi. Sementara itu, jika bumi itu datar, tidak akan ada medan magnet yang membuat satelit selalu bisa melingkari bumi.

3. Tidak ada perbedaan musim di berbagai belahan bumi

Jika bumi itu datar, perbedaan musim di berbagai belahan bumi tidak akan terjadi. Perbedaan musim terjadi karena sinar matahari menghantam bumi pada sudut yang berbeda pada suatu waktu. Sedangkan jika bumi benar-benar datar, matahari akan menyinari bumi pada sudut yang sama setiap waktu, sehingga semua tempat di bumi akan mengalami musim yang sama.

4. Penghuni di semua bagian bumi akan melihat pemandangan langit malam yang sama

Pada malam hari, Arcturus dan Pleiades yang merupakan bintang paling terang akan terlihat sangat jelas jika dilihat dari belahan bumi utara. Sedangkan di belahan bumi selatan, tidak ada satu pun pemandangan langit yang bisa dilihat kecuali Alpha Centauri, Awan Magellan, dan Sothern Cross, yang semuanya tidak bisa dilihat dari belahan bumi utara. Tetapi jika bumi itu datar, maka pemandangan langit malam akan sama dari belahan bumi mana pun.

5. Tidak ada pembagian zona waktu

Perbedaan waktu di berbagai negara terjadi karena bumi berputar pada porosnya, sehingga radiasi matahari terjadi secara bergantian di sisi-sisi tertentu. Bagian yang terpapar matahari akan mengalami siang hari sedangkan bagian yang tidak terpapar matahari akan mengalami malam.

Sementara itu, jika bumi itu datar, maka tidak akan ada perbedaan waktu di berbagai tempat di bumi. Bahkan tidak ada perubahan siang dan malam karena matahari terus menyinari bumi sepanjang waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.