KPMM dan Pokmaswas Tanam 1000 Pohon Mangrove

Mangrove, ekonsistem, lingkungan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Perkembangan dan kemajuan perkotaan saat ini yang ditandai dengan peralihan fungsi kawasan hutan mangrove seperti dibangunnya reklamasi dan ditebangnya pohon mangrove untuk keperluan bahan bakar bagi masyarakat pesisir akan membahayakan kehidupan manusia karena ekosistem telah rusak.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Dilansir dari laman mongabay.co.id (2019) kerusahan hutan mangrove di dunia mencapai 50?n sebagian besar terjadi di Indonesia. 

Untuk memperbaiki kerusakan ekosistem tersebut, dalam memperingati hari pohon sedunia, Kelompok Peduli Mangrove Madura (KPMM) dan Pokmaswas Empu Kelleng Bluto mengadakan kegiatan untuk penanaman 1000 bibit mangrove. 

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, sejumlah anak – anak pramuka serta masyarakat setempat diadakan di pesisir Libiliyan, Desa Aeng Dake, Kecamatan Bluto, Sumenep, Jawa Timur.

Ketua KPMM, Endang Tri Wahyur mengatakan Penanaman 1000 bibit mangrove ini bertujuan untuk kembali melestarikan lingkungan di sekitar kita, terutama di wilayah pesisir. ia menambahkan hutan mangrove berperan sebagai perlindungan bagi biota laut yang sangat beragam.

Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial

"jika tanaman mangrove terjaga maka ekosistem yang lain ikut terjaga, seperti terumbu karang, ikan, kepiting dan udang yang ada di wilayah tersebut" Kata Endang

Ia menambahkan tanaman mangrove memiliki beragam manfaat baik untuk lingkungan dan memberikan dampak bagi ekonomi masyarakat sekitar seperti jenis bibt rhizopora stylosa, yang buahnya dapat diolah menjadi kopi, teh, dan madu.

Ilustrasi Maggot (Courtesy: mongabay.co.id)

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Maggot BSF mempunyai biomassa protein dan lemak tinggi. Protein yang bersumber dari maggot BSF lebih ekonomis, ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.