Ingin Dapat Penghasilan Sambil Kuliah? 16 Bisnis Ini Cocok untuk Mahasiswa

Mahasiswa melakukan sesi foto bersama dengan dosen
Sumber :
  • vstory

VIVA – Banyak orang berpikiran bahwa menjadi mahasiswa merupakan sebuah kebanggaan dan sesuatu yang jarang dinikmati oleh semua orang. Sehingga tidak heran ketika kembali ke kampung halaman seorang mahasiswa dianggap sebagai orang yang terpandang dan terpelajar serta dituntut untuk ikut serta memajukan masyarakat daerahnya.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Tapi di balik semua itu, sebenarnya banyak sekali kisah bagaimana perjuangan mahasiswa dalam mencapai gelar sarjana tersebut. Kita mungkin pernah mendengar kata-kata, ‘Mahasiswa memang dituntut untuk kritis tapi tidak semua mahasiswa itu kritis tetapi krisis sudah pasti.’ Ini membuktikan bahwa menjadi mahasiswa bukanlah sesuatu yang mudah tapi memerlukan perjuangan khususnya dalam biaya yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Mengetahui hal ini, maka banyak mahasiswa mencoba berbagai cara untuk bisa menutupi kekurangan tersebut dengan mencari penghasilan tambahan agar dapat meringankan beban orang tua. Menjalani waktu sebagai mahasiswa tidaklah terlalu padat karena jam kuliah mahasiswa sangat fleksibel. Sehingga mahasiswa memiliki banyak sekali waktu luang.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Ada beberapa hal positif yang bisa dilakukan di jam-jam kosong tersebut. Seperti mengikuti unit kegiatan mahasiswa, diskusi intelektual dan dan juga menjalankan bisnis. Berbicara mengenai bisnis beberapa bisnis atau pekerjaan di bawah ini mungkin bisa dijadikan peluang oleh mahasiswa untuk mengisi waktu luang dan menambah penghasilan.

1. Bisnis Online Shop

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Bisnis online shop merupakan salah satu bisnis yang cukup digemari oleh kebanyakan orang tidak terkecuali oleh kalangan mahasiswa. Hal itu disebabkan karena membuka bisnis online shop sangatlah mudah bisa dilakukan dengan modal yang kecil atau bahkan mungkin tanpa modal sepeserpun.

Seperti menjadi reseller ataupun dropshipper. Reseller merupakan bisnis online shop yang dilakukan dengan menstok barang dari suplier. Sedangkan dropshipper adalah bisnis online shop yang bisa dilakukan tanpa menstok barang dari suplier.

2. Bisnis Les Privat

Bisnis les privat merupakan salah satu bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Karena bisnis ini bisa dilakukan kapan saja. Bisnis ini juga sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin mendalami materi dan mengajarkannya kepada orang lain. Terutama bagi para mahasiswa yang mengambil program studi science atau ilmu pengetahuan serta bahasa asing. Seperti Fisika, Kimia, Matematika, bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Jepang dan lain sebagainya. Selain itu, bisnis les privat juga sangat diperlukan menjelang kegiatan Ujian Nasional (UN). Jadi ini merupakan jenis bisnis yang menjanjikan untuk mahasiswa.

3. Bisnis Jualan Makanan Ringan

Bisnis jualan makanan ringan juga merupakan bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Hal itu dikarenakan mahasiswa tidak mau ribet mencari makanan sehingga makanan ringanlah yang dicari dan dikumpulkan di kos sebagai camilan. Selain itu, kebutuhan seperti makanan ringan dan air sangat diperlukan untuk mengganjal perut yang kelaparan saat sedang kuliah. Peluang bisnis ini bisa dilakukan di dalam ruang kelas ketika sedang adanya pergantian jam kuliah atau jam kosong.

4. Bisnis Programmer Web dan Blogger

Menjadi programmer web dan blogger merupakan salah satu bisnis online yang lumayan mudah dan bisa dikerjakan tanpa modal. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh semua mahasiswa terutama yang memiliki kemampuan dalam tulis menulis. Penghasilan dari sebuah website atau blogger bisa didapatkan dengan cara memasang iklan baik sebagai affiliasi atau publisher atau penawaran kepada pihak ketiga. Saat ini banyak sekali jenis iklan yang bisa di dapatkan dari internet seperti PPC(Pay Per Click), CPM(Cost Per Million) dan lain sebagainya.

5. Bisnis YouTuber

YouTube merupakan salah satu platform video yang didirikan pada tahun 2005 dan sangat digemari sehingga sering dibuka oleh semua kalangan baik siswa, mahasiswa, dan umum. Tidak heran jika menjadi YouTuber sekarang ini merupakan impian bagi semua kalangan tak terkecuali mahasiswa. Selain karena dapat membuat terkenal juga dapat menghasilkan pendapatan pasif.

6. Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan yang namanya tugas. Sehingga tidak dipungkiri bahwa buku-buku akademik merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen, baik tugas kelompok maupun tugas individu. Menjual buku bekas merupakan sebuah peluang bisnis bagi mahasiswa yang dapat dimanfaatkan dengan menjual buku bekas dengan harga yang lebih murah tanpa mengorbankan fungsi dari sebuah buku. Saat biaya pendidikan mahal, buku bekas merupakan alternatif untuk mengurangi beban keuangan mahasiswa.

7. Bisnis Jasa Service Laptop dan Komputer

Bisnis jasa service laptop dan komputer merupakan bisnis yang lumayan menguntungkan bagi mahasiswa karena sebagian mahasiswa saat ini telah memiliki laptop. Tetapi jika ingin membuka bisnis ini, mahasiswa harus memiliki keahlian dalam mengotak-atik komputer baik software (perangkat lunak) ataupun hardware (perangkat keras). Dan juga harus memiliki banyak peralatan yang harus disediakan dalam menjalankan bisnis ini. Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa yang berasal dari tehnik informatika dan komputer.

8. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah merupakan bisnis yang simpel sehingga banyak mahasiswa yang telah memulai bisnis ini.Karena hanya membutuhkan keterampilan dan tidak membutuhkan banyak modal dan peralatan. Bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Jerman dan bahasa-bahasa asing lainnya. Untuk memulai bisnis ini terlebih dahulu harus memiliki keahlian bahasa asing yang baik dan benar.

9. Bisnis Jasa Desain Grafis

Bagi mahasiswa yang senang dengan desain grafis serta mempunyai keahlian desain grafis mereka dapat memulai untuk membuka jasa desain grafis dengan menawarkannya kepada mahasiswa lain atau mungkin dosen. Bisnis ini menuntut kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan software atau perangkat lunak desain grafis seperti Photoshop, Coreldraw dan lain sebagainya.

10. Bisnis Tour and Travel

Untuk mahasiswa yang senang dengan wisata alam dan melakukan traveling serta dapat merencanakan perjalanan wisata maka dapat memulai bisnis jasa Tour and Travel atau biro perjalanan ke tempat wisata baik dalam negeri maupun luar negeri. Menjalankan bisnis ini akan memberikan keuntungan ganda yaitu keuntungan berupa uang dan dapat merasakan wisata alam. Bisnis ini dapat dimulai dengan mengumpulkan mahasiswa yang ingin liburan bahkan dapat dikembangkan dengan melayani tur orang umum.

11. Bisnis Perawatan Hewan Peliharaan

Jika Anda merupakan mahasiswa yang memiliki hobi merawat atau seorang pencinta hewan peliharaan, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka peluang bisnis perawatan hewan peliharaan. Sebab banyak orang yang memiliki hewan peliharaan tetapi tidak punya waktu untuk merawat hewan peliharaannya. Bisnis ini cocok dijalankan di area yang luas karena akan banyak hewan yang ditangani.

12. Bisnis Jasa Fotografi dan Video

Bagi kalian mahasiswa yang memiliki hobi foto dan membuat video tidak salah jika membuka bisnis jasa fotografi dan videografi. Banyak orang yang suka difoto dan direkam aktivitasnya karena hasilnya menjadi memori yang dapat diabadikan. Bisnis ini berpotensi menjadi besar kalau di atur dengan baik. Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal dan perlengkapan banyak. Walaupun tidak memiliki kamera DSLR atau Mirroless kita bisa menggunakan handphone untuk menjalankan bisnis ini.

13. Bisnis Penjualan Kaos
       Ide bisnis selanjutnya untuk mahasiswa adalah bisnis jual kaos. Untuk memulai bisnis ini, mahasiswa harus mempunyai hubungan dengan tempat konveksi dan tempat sablon. Kemudian membuat desain kaos yang paling keren untuk dijual sehingga perlu menggunakan kreativitas. Semakin keren desain maka semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli. Mahasiswa bisa membuat dengan desain yang unik dengan kata-kata atau gambar lucu.

14. Bisnis Jual Pulsa dan Paket Data

Pulsa dan paket data adalah sesuatu yang cukup dibutuhkan oleh manusia. Karena dengan adanya pulsa dan paket data semua orang bisa menghubungi siapa saja walaupun dari jarak jauh. Melihat hal ini, bisnis jual pulsa dan paket data merupakan salah satu peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Untuk memulai bisnis ini kita dapat memulai dengan mengeluarkan modal yang kecil. Selain itu kita juga dapat menstok voucher melalui para agen yang terpercaya.

15. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

Bisnis jasa pengetikan dan print merupakan bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa terutama bagi nge-kos di sekitaran lingkungan kampus. Kuliah identik dengan berbagai macam tugas yang mesti diberikan dalam bentuk cetakan. Dibandingkan mencetak tugas sendiri, saat ini masih banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print. Alasannya dikarenakan masih banyak mahasiswa yang belum mempunyai perangkat cetak dan tidak ada waktu untuk mengetik dan mencetak tugas tersebut. Hanya dengan bermodal laptop dan print mahasiswa sudah dapat membuka jasa pengetikan dan print.

16. Bisnis Freelance (Pekerja Lepas)

Freelance adalah cara kerja dimmana suatu pekerjaan dilakukan oleh seorang secara mandiri, tidak terikat kontrak atau perjanjian jangka panjang dengan sebuah perusahaan atau orang tertentu dimmana pekerjaan tersebut dapat dilakukan sesuai keinginan pekerja lepas tersebut.

Bisnis Freelance sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa salah satunya seperti penulis lepas. Jika kalian merupakan mahasiswa yang suka menulis dan mempunyai kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan menjadi penulis lepas dapat menjadi bisnis terbaik.

Menjadi penulis lepas atau freelancer dapat dilakukan siapa saja dan nyaris tanpa modal. Sebab yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi. Selain itu, bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat oleh waktu. Bentuk tulisan yang ditawarkanpun bervariasi misalnya artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif berupa puisi maupun cerpen.

Bagi mahasiswa yang ingin menjadikan beberapa bisnis tersebut sebagai peluang usaha dan penghasilan, penulis sarankan dimulai dengan menggunakan modal kecil atau bahkan yang tanpa modal dan yakinlah pada diri kita bahwa bisnis yang kita kelola akan berkembang dan terkenal.

Sedikit mengutip dari slogan salah satu marketplace Indonesia yaitu "Mulai Aja Dulu". Memulai adalah tahapan pertama yang harus dilakukan oleh semua orang dalam memulai bisnis. Sebaiknya dimulai dengan pengelolaan yang baik dan terkonsep sehingga nantinya akan menjadikan hasil yang terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.