Apakah Bisa Hidup Tanpa Utang?

source : unsplash.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ayah saya dan saya berbicara tentang perputaran keuangannya baru-baru ini. Dan salah satu hal yang dia katakan adalah dia sangat tidak suka berutang. Ayah saya bukan orang yang berada dan dia tidak kaya. Dia hanya memiliki penghasilan yang cukup untuk keluarga kecilnya. Tapi dia bisa memiliki rumah yang dia beli sudah cukup lama dan bukan milik bank. Tidak ada pinjaman pribadi atau KPR. Bahkan tidak ada utang kartu kredit.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Menurut beliau, bebas dari beban utang itu membuat hidupnya tenang. Beliau menasihati saya agar melupakan tentang meminjam uang. Tetap bebas dari utang dan hemat. Sehingga saya dapat menabung penghasilan bulanan dan menjalani kehidupan yang bebas kredit.

Tapi saya sadar,  terkadang kita memang ingin hidup tanpa utang. Lebih baik membeli sesuatu menunggu sampai mampu bukan karena mau. Namun ada kalanya kita juga mencuri-curi menggunakan cicilan atau kartu kredit. Sebenarnya, berutang boleh-boleh saja asalkan sesuai kemampuan dan untuk hal-hal yang produktif.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Namun, bagi ayah saya, yang menjalani kehidupan yang sederhana tanpa terbebani dengan utang itu akan lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa ide untuk menjalani kehidupan yang bebas utang. Jika itu menarik bagi kalian, silakan untuk diterapkan dan diaplikasikan. Namun jika tidak, silakan diabaikan.

1. Simpan Uang untuk Dana Darurat

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Banyak orang menggunakan kartu kredit sebagai cadangan jika ada pengeluaran tak terduga. Jika kartu kredit yang digunakan untuk dana cadangan, maka hasilnya bukan berbentuk uang yang bisa kamu gunakan. Tapi kamu harus keluar uang untuk membayar utang yang menumpuk karena menggunakan kartu kredit. Daripada kartu kredit dijadikan andalan ketika ada hal yang tak terduga, lebih baik mengumpulkan uang dulu baru digunakan untuk hal yang tak terduga.

2. Simpan Uang untuk Kebutuhan Masa Depan

Setelah Anda mendapatkan dana darurat yang mencukupi. Kamu bisa mulai menabung untuk hal-hal lain. Tetapkan tujuan tabungan untuk diri sendiri. Apakah Anda ingin bepergian, membeli mobil, menabung untuk kuliah, atau merenovasi rumah? Tentukan tujuan prioritas tertinggi Anda, dan tentukan berapa uang yang harus dikumpulkan. Dengan begitu, jika Anda ingin membeli mobil, rumah dan lainnya tidak harus menggunakan fasilitas kredit. Lebih elegan jika kita mampu membelinya dengan tunai.

3. Tinggalkan Bunga Kredit

Masalah dengan utang atau kredit adalah Anda membuang-buang uang untuk membayar bunga. Itu menggerogoti keuangan Anda. Alih-alih merasa ringan membayar cicilan tapi jika dijumlahkan semua cicilanmu, maka hasilnya lebih banyak bunga dibandingkan pokoknya. Apalagi kredit yang menerapkan bunga majemuk, bisa dikenakan bunga yang dibungakan. Wah, super sekali bunganya.

4. Beli Mobil secara Tunai

Bagi mereka yang telah membeli kendaraan dengan kredit mobil seumur hidup, mungkin tampak mustahil untuk membeli mobil secara tunai. Tapi itu sangat mungkin, dan banyak orang melakukannya. Jadi, alih-alih melakukan pembayaran pinjaman dan nyatanya membayar dua kali lipat harga mobil atau lebih selama jangka waktu pinjaman. Maka dari itu kita harus berhati-hati dengan jebakan kredit atau pinjaman online yang suatu waktu bisa mencekik isi dompetmu.

5. Investasikan untuk Masa Pensiun

Ini hanya akal sehat. Apapun situasi kredit atau utang Anda, tetapi tanpa berutang akan lebih masuk akal jika uangnya untuk mempercepat investasi pensiunmu (sebagai salah satu tujuan tabungan Anda). Maka kamu dapat pensiun dinimdan berterima kasih karena jika kamu tidak berutang.

6. Bepergian Tanpa Kredit

Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa Anda tidak dapat menyewa kamar hotel atau mobil tanpa kartu kredit. Ini salah. Mudah untuk menyewa kamar hotel, misalnya, dengan setoran tunai. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi penyewaan hotel untuk menemukan tempat menginap yang tepat. Hal yang sama berlaku dengan penyewaan mobil. Dan jika Anda ingin menemukan perusahaan rental mobil khusus uang tunai.

7. Beli Rumah Tanpa Kredit

Sekarang, jika membeli mobil dengan uang tunai sepertinya tidak mungkin, pasti membeli rumah dengan uang tunai itu lebih tidak mungkin. Eitss, tidak ada yang tidak mungkin. Karena ada beberapa orang telah melakukannya. Saya bahkan mempertimbangkan untuk melakukannya sendiri.

Pertama-tama, jika kamu belum bisa membeli dalam waktu dekat , kamu bisa menyewa tempat tinggal dan dibarengi dengan menabung untuk rumah. Dan investasikan uangnya ke dalam reksadana saham. Karena reksadana saham cocok untuk  investasi jangka panjang atau lebih dari 5 tahun. Dan reksadana ini memang pilihan untuk memaksimalkan uangmu.

Dengan reksadana, kamu akan terbantu dalam pengelolaannya. Reksadana akan dikelola oleh orang yang memiliki izin pengelolaan investasi dari OJK. Kamu hanya perlu menyetor atau membeli reksadana setiap periode (bulanan, mingguan atau harian). Mereka yang kemudian akan mengelola dan memilihkan produk investasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.