Apa Itu Blog atau Blogger?

DogGhozt.com - Apa Itu Blogger
Sumber :
  • vstory

VIVA – Apakah teman-teman tahu apa itu blog? Jika tidak, maka teman-teman telah datang ke tempat yang tepat. Pada awalnya, blog lebih merupakan buku harian pribadi yang dibagikan orang secara online.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Dalam jurnal online atau blog ini, teman-teman dapat berbicara tentang kehidupan sehari-hari teman-teman atau membagikan hal yang teman-teman lakukan. Tetapi, orang melihat peluang untuk mengkomunikasikan informasi dengan cara baru. Maka dimulailah dunia blogging yang sekarang ramai di dalam browsing Google saat ini.

Blog adalah buku harian online atau jurnal yang terletak di situs web. Konten blog biasanya mencakup teks, gambar, video, animasi GIF dan bahkan pemindaian dari buku harian atau jurnal offline fisik lama dan dokumen hard copy lainnya. Blog juga dapat eksis hanya untuk penggunaan pribadi, berbagi informasi dengan grup eksklusif atau untuk melibatkan publik. Pemilik blog dapat mengatur blog mereka untuk akses pribadi atau publik.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Ketika sebuah blog dibuat dapat diakses publik, siapapun biasanya dapat menemukan blog melalui tautan yang tersedia di situs web individu atau bisnis pemilik blog, profil media sosial mereka, email dan kata kunci blog. Banyak pemilik blog juga membuat blog di situs web yang ditujukan untuk pembuatan, penyimpanan, dan berbagi blog, seperti Blogger dan WordPress.

Konten blog dapat muncul sebagai posting pada satu halaman streaming berkelanjutan atau posting pada halaman individual yang dapat dijangkau melalui satu atau lebih halaman yang diatur dalam format gaya daftar sebagai tautan judul posting, kutipan dan tag terkait. Semua posting atau tautan ke posting biasanya ditampilkan kepada pembaca dalam urutan kronologis terbalik dengan konten terbaru muncul terlebih dahulu dan yang lama paling akhir.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Apa Nama Blog Dahulu?

Nama blog dulu disebut-sebut adalah We Blog atau Weblog. Nama We Blog sempat didebatkan entah kenapa yang jelas nama tersebut kurang menarik untuk menggambarkan buku harian seseorang namun seiring berjalannya waktu, We Blog terbiasa disebut-sebut Blog yakni orang yang menulis jurnal onlline atau disebut Blogging.

Blog dan Situs Web

Mayoritas orang masih bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara blog dan situs web. Apa itu blog dan apa itu situs web? Lebih sulit lagi untuk membedakan antara keduanya. Banyak perusahaan mengintegrasikan blog ke situs mereka untuk melakukan fungsi yang sama.

Apa yang Membedakan Blog dari Situs Web?
Blog biasanya perlu sering diperbarui atau update artikel. Contoh yang baik termasuk blog berbagi kegiatan sehari-hari di sekolah atau perusahaan yang menulis tentang berita industri mereka. Blog mempromosikan beberapa artikel yang bermacam untuk pembaca yang sempurna. Pembaca mendapat kesempatan untuk berkomentar dan keprihatinan mereka yang berbeda kepada pemilik blog maupun pembaca lainnya.

Sementara situs web statis. Di sisi lain, terdiri dari konten yang disajikan di halaman statis. Pemilik situs web statis jarang memperbarui halaman mereka. Pemilik blog memperbarui situs mereka dengan posting blog baru secara teratur.

Konten di blog, memiliki potensi untuk menawarkan sesuatu yang baru setiap hari, minggu, atau bulan. Tergantung pada jadwal penerbitan pemilik blog. Intinya blog selalu aktif, mengupdate artikel setiap waktu jika sempat. Sedangkan situs web sangat jarang melakukan update artikel.

Sejarah Blog

Sangat banyak ulasan sejarah blog di mana-mana dan saya pun kebingungan melihat dan menilainya. Namun yang pasti, sejarah blog atau blogger populer pada tahun 2000-an dan sampai saat ini juga lumanyan tren karena masih banyak layanan penulis blog yang bersaing. contoh Wordpress dan lain sebagainya.

Apa Tujuan dari Sebuah Blog?

Tujuan dari sebuah blog sebenarnya membagi pengalaman pribadi yang tidak terlalu rahasia. Contohnya teman-teman yang suka traveling di kota-kota tertentu. Atau teman-teman memiliki kesan dan pesan tertentu dan untuk teman-teman yang tidak ingin melupakan hal tersebut, teman-teman membuat atau menulis semua cerita, dari susah, keceriaan, kesenangan, dan lain sebagainya. Yang teman-teman rasakan, teman-teman bagikan ke publik. Dan dari situlah pembaca mendapat sedikit atau lebih pengetahuan traveling yang teman-teman lakukan di kota-kota tertentu.

Tujuan kedua yakni bisnis. Yah beberapa blogging atau blogger juga melakukan beberapa aktivitas bisnis. Seperti berjualan produk-produk tertentu. Namun hanya sedikit dilakukan karena sangat sulit dalam hal transaksi dan aktivitas lainnya.

 
Tujuan ketiga yaitu promosi. Nah teman-teman mungkin sedikit tidak asing apa itu tujuan blog promosi. Mungkin juga teman-teman belum paham. Tujuan promosi di blog adalah sebuah promosi banner ke blog atau website seseorang. Dan promosi ini tidak luput dari pembayaran yang cukup baik atau besar. Promosi di sini bisa seperti iklan dari Google AdSense atau iklan lainnya.

Dan untuk blogger sekarang, menurut pengamatan saya 78 persen ingin menjadi blog promosi atau bisa disebut blog yang memiliki iklan dan mendapatkan hasil, atas kerja kerasnya yakni menulis. Dan untuk sekarang, blogger menjadi sangat populer karena makin banyak yang ingin menjadi blogger sebab beberapa blogger terkenal mendapatkan hasil yang besar dari pada kerja kantoran biasa. Namun mereka salah paham dan banyak yang tidak tahu bagaimana kerja keras seseorang blogger, menjadi sukses! Kebanyakan mereka hanya melihat dari kesuksesannya saja.

Definisi Blogging

Blogging adalah sekumpulan banyak keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Melengkapi halaman web dengan alat untuk melakukan proses penulisan, posting, menautkan, dan berbagi konten lebih mudah di internet.

Mengapa Blogging Pegitu populer?

Penting untuk menyebutkan bahwa blog atau blogger tumbuh setiap hari. Artinya blogger baru memulai berdatangan membuat sebuah blog. Karenanya, untuk menjawab pertanyaan 'apa itu blogging', kita perlu melihat faktor-faktor di balik kemunculannya.

Pada tahap awal, blog menjadi arus utama, karena layanan berita mulai menggunakannya sebagai alat untuk penjangkauan dan untuk pembentukan opini. dan itu menjadi sumber informasi baru. Bisnis melihat cara yang baik untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Melalui blogging, perusahaan membuat klien dan pelanggan selalu terbarui. Semakin banyak orang mengunjungi blog kamu, semakin banyak kemajuan dan kepercayaan brand baru yang kamu dapatkan.

Blogger pribadi dan niche melihat potensi untuk menjangkau lebih banyak orang yang tertarik pada topik tertentu. Melalui blog atau blogging, pengunjung dapat berkomentar dan berinteraksi dengan kamu atau sebauh brand kamu yang membantu kamu membuat jaringan pengikut yang setia atau biasa disebut pengunjung setia blog.

Tahukah kamu bahwa kamu bisa mendapatkan uang melalui blogging? Setelah blog kamu mendapatkan perhatian dan penggemar yang cukup, kamu dapat mencari cara untuk mendapatkan uang dari blog kamu. Melalui blog, kamu dapat menawarkan layanan dan menjual produk ataupun mencari layanan iklan yang menampilkan di blog kamu.

Siapa Itu Blogger?

Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke audience secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Topik yang dibahas pun beragam, mulai dari kesenian hingga politik. Saat ini sudah banyak blogger yang terkenal dan menjadi ‘selebriti’ di dunia online dan juga offline.

Sebagian orang menjadikan blogging sebagai profesi sampingan. Sebagian orang lain memandang blogging sebagai karier utama mereka. Sedang yang lainnya hanya menulis blog untuk menyalurkan hobi atau sebagai salah satu cara mengekspresikan pendapat mereka.

Menjadi blogger adalah profesi menyenangkan meski tak begitu mudah. Ia tidak harus berdiam diri di satu tempat jika ingin menulis konten. Bahkan ada blogger yang mengisi kontennya dengan melakukan perjalanan. Tapi tentu saja ini tergantung dari jenis blog yang dibuat. Semenjak internet sudah dapat diakses dengan mudah dari mana saja, saat itulah siapa pun bisa menjadi blogger.

Hampir tidak ada batasan dalam hal membuat jenis-jenis cerita yang membuat blog. Pembuat blog, juga dikenal sebagai blogger, berasal dari semua lapisan masyarakat dan latar belakang dari seluruh dunia. Selama seseorang memiliki akses ke alat online yang membantu mereka membuat konten halaman web, mereka dapat membuat blog dan mempromosikannya untuk menarik pembaca.

Blogger yang paling umum adalah individu yang ingin berbagi informasi pribadi tentang diri mereka sendiri dan atau minat serta hobi mereka dengan dunia bisa diartikan sebagai hobinya di belahan dunia dibagikannya di blog.

Beberapa orang menggunakan beberapa blog yang mudah ini untuk membawa kesadaran yang lebih besar ke topik yang menurut mereka sangat penting untuk perbaikan yang lain. Seperti topik yang berkaitan dengan berita politik, organisasi amal, masalah keselamatan, perawatan hewan peliharaan, dan kondisi kesehatan.

Bisnis biasanya menggunakan blog untuk meningkatkan kehidupan pelanggan mereka secara umum. Mengajari pelanggan cara aman menggunakan produk atau layanan dan membawa perhatian pada keahlian mereka dalam industri tertentu atau produk dan layanan mereka.

Seorang blogger adalah seseorang yang menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Ia membagikan pendapatnya tentang berbagai topik untuk audiens dan beberapa orang tertentu dari kalangan mana pun.

Kenapa Banyak Orang Ngeblog ?

Apakah teman-teman ingin memiliki blog sendiri? Iya! Kebanyakan orang saat ini ingin sekali membuat blog karena berbagai alasan. Setiap manusia memiliki beearapa kisahnya sendiri. Karenanya, melalui internet, blogger dapat berkomunikasi dengan sekelompok orang yang lebih besar.

Mengapa blogging begitu populer? Blog memungkinkan teman-teman untuk berbicara tentang topik apapun dan mengekspresikan pendapat teman-teman. Teman-teman akan menemukan beberapa blogger menulis pada setiap aktivitas yang terjadi pada waktu tertentu biasanya waktu istirahat.

Ini dapat berkisar dari masalah kecil seperti bangun tidur, hingga masalah besar seperti hak asasi manusia dan perubahan iklim. Ingatlah bahwa sebagai blogger yang menjalankan blog teman-teman sendiri, teman-teman harus bergantung pada topik yang teman-teman sukai dan berusaha menjadi salah satu blog terbaik di web jangan menjadi blog orang atau milik orang yang teman-teman tulis kembali di blog teman-teman.

Kenapa Orang Repot Ngeblog?

Banyak orang tidak menyukai penulisan buku harian offline tradisional dan memerlukan saluran keluar untuk pemikiran dan perasaan mereka di luar format itu, interaksi tatap muka, panggilan telepon atau obrolan online. Beberapa orang suka bahwa mereka dapat berbagi pemikiran dan informasi terdalam mereka dengan orang lain di belahan dunia.

Terkadang outlet ini diinginkan karena mereka tidak memiliki teman offline atau sistem pendukung. Dan menggunakan blog untuk membantu mereka menghadapi peristiwa kehidupan yang penuh tekanan seperti kondisi kesehatan akut dan kronis atau kesedihan setelah kematian orang yang dicintai.

Karena banyak bentuk konten lain di berbagai situs web tidak memerlukan pembaruan yang sering, banyak orang, terutama pemilik bisnis, menggunakan blog mereka sebagai bagian dari perangkat pengoptimalan mesin pencari mereka untuk mempertahankan atau meningkatkan peringkat hasil mesin pencari mereka dan mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs web mereka.

Dan orang sebenarnya dulu tidak terlalu repot ngblog sebab ngblog adalah catatan hobi atau kegiatan sehari-hari. Dan untuk berbagi ke teman-teman yang ada di luar atau di beberapa lokasi yang jauh dibuatlah blog kejadian atau beberapa pristiwa di hari itu. Tapi untuk saat ini kebanyakan orang ngeblog hanya untuk mendapatkan keuntungan dari blog.

Keuntungan dari ngeblog di sini yang saya maksud adalah uang. Blog untuk saat ini sangat populer karena penghasilannya cukup besar.  

Apakah Blogger Dibayar?

Iya, blogger memang mendapatkan uang. Tetapi ini bukan jenis profesi yang membuat kamu cepat kaya. Sebelum kamu dapat mulai memonetisasi blog kamu, kamu perlu membangun peringkat Google dan pengaruh artikel kamu. Dan itu membutuhkan banyak waktu dan konten berkualitas.

Peluang menghasilkan uang tidak akan muncul sampai kamu mendapatkan kredibilitas di lapangan yang baik dan bagus. Jadi, inilah beberapa cara agar para blogger mendapatkan penghasilan atau dibayar. Inilah cara agar kamu dapat menghasilkan uang dengan baik sebagai blogger niche teratas:

  • Jual atau beri sedikit ruang iklan di blog teman-teman secara pribadi atau melalui Google AdSense.
  • Menjadi mitra afiliasi secara pribadi atau melalui jaringan iklan.
  • Jual produk digital teman-teman sendiri seperti eBuku dan tutorial.
  • Menjual keanggotaan untuk akses ke konten atau saran eksklusif.
  • Menggunakan blog teman-teman sebagai alat pemasaran konten untuk bisnis teman-teman.

Jika teman-teman memulai blog sebagai cara untuk memasarkan dan meningkatkan bisnis yang ada, teman-teman mungkin tidak akan menjual ruang iklan atau keanggotaan.

Tetapi teman-teman dapat membuat dan mulai menawarkan produk digital eksklusif seperti eBuku, panduan, atau kursus online sebagai alat penangkap memimpin dengan imbalan alamat email pengunjung. Dengan begitu, teman-teman akan mendorong mereka satu langkah lebih jauh ke saluran penjualan teman-teman.

Struktur Blog

Tampilan blog berubah seiring waktu, dan saat ini blog menyertakan item yang berbeda. Tetapi, sebagian besar blog menyertakan beberapa fitur dan struktur standar. Berikut adalah fitur umum yang akan dimasukkan oleh pemilik blog pada umumnya:

  • Header dengan menu atau bilah navigasi blog
  • Area konten utama dengan tulisan blog yang disorot atau terbaru blog
  • Bilah samping dengan profil sosial, konten favorit, atau ajakan tindakan blog
  • Footer dengan tautan yang relevan seperti penafian(disclaimer) blog, kebijakan privasi (privacy policy) blog, halaman kontak blog, daftar isi blog, partner blog.

Contoh di atas adalah struktur dasar blog. Setiap item memiliki kepentingannya sendiri dan membantu pengunjung untuk menavigasi melalui blog kamu dan agar mempermudah pengunjung blog.

Ingin memulai blog sendiri?

Membuat blog pribadi kamu sendiri membutuhkan beberapa langkah. Pertama, kamu perlu memutuskan nama untuk blog kamu juga disebut nama domain, dan memilih platform blogging terbaik.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan platform yang di-host-sendiri. Ada beberapa pilihan untuk platform yang dihosting sendiri tetapi yang paling populer adalah blogger.com, wordpress.org atau .com. Sebaiknya, jika kamu ingin belajar membuat blog sebaiknya membuat blog gratisan saja terlebih dahulu dan paltform untuk kemudahan blog saran saya yakni blogger dan wordpress.

Kesimpulan;

Blog adalah ruang digital di mana kamu bisa menuliskan pandangan, pendapat, serta berbagai hal lain yang dilakukan sehari-hari. Bahkan faktanya kamu bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, terlebih jika kamu fokus pada suatu topik unik yang harus dibagikan agar siapa pun tahu dan paham akan hal tersebut.

Blogging tak hanya sekadar hobi, tapi juga menjadi cara hidup bahkan karier utama seseorang. Sepertinya akan sangat susah membayangkan bagaimana hidup tanpa blog karena dari blog-lah, kita bisa belajar dan mengetahui banyak hal menarik dari cerita, kisah, dan keseharian orang lain.

Demikian halnya ketika kamu menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Untuk meningkatkan awareness dan kepercayaan pelanggan. Cara terbaiknya adalah dengan membuat blog yang powerful serta memuat beragam informasi penting.

Semoga melalui artikel ini kamu bisa belajar banyak hal tentang apa itu blog, fungsi dan kegunaan blog, serta sejarah blog dan perbedaan blog dan website. Janganlah ragu menjadi penulis blog. Jika kamu menjadi tekun dalam hal ngeblog suatu saat kamu akan menjadi berhasil seperti blog-blog besar lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.