Cinta Ditolak, Dukun Tak Usah Bertindak

Ilustrasi seorang perempuan yang merasa sakit hati (Foto: Pixabay.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mungkin semua orang mahfum hal ini sangat bertentangan dengan agama. Selain dosa tak ada faedahnya. Ujung-ujungnya, terkadang penyesalan tiada tara.   Lantas bagaimana, supaya kalau cinta ditolak kita tidak usah ke dukun?

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Berikut tips yang berhasil penulis rangkum dari berbagai sumber, hal yang kiranya patut Anda lakukan bila sedang dilanda rasa sakit hati.

1. Seringlah Bermeditasi

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Meditasi (Foto: Sippakorn/Pixabay)

Meditasi (Foto: Sippakorn/Pixabay.com)

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Selalu ingat Tuhan. Tak ada yang kekal di dunia ini. Cinta? Ia, kekal. Tetapi, cinta sejati itu tak mesti bersatu. Baca kisah Layla dan Majnun atau The Elixir of Love.

Yah, salah satu kata dalam buku The Elixir of Love ini ada salah satu kata yang menegaskan cinta itu adalah Tuhan.

"Tiada Tuhan selain cinta". Kata ini pernah terucap oleh seorang sufi eksentrik dari Persia (Iran) dikutip dalam buku tersebut yang ditulis oleh Prof Mohammadi Reyshahri (2006).

Terpenting, tentunya angan lupa sering-sering lah meditasi. Di zaman modern ini sudah tak begitu sulit mendapatkan referensi cara agar bisa melakukan meditasi. Ada banyak tips meditasi yang bertebaran di internet.

Sebenarnya, cinta kepada Tuhan itu lebih subtansial. Cinta kepada Tuhanlah yang mestinya, dikatakan abadi. Tidak kepada sesama ciptaannya. Cinta kepada lain jenis, punya kadar berbeda. Tak semua orang sama. Tergantung definisinya saja.  

Apakah betul cinta itu abadi. Sejauh ini, belum ada literatur yang penulis dapatkan. Cinta kepada lain jenis itu bisa abadi. Karena itu, perkuatlah iman agar selalu mawas diri. Kita ini hanya ciptaan Tuhan dan kelak kembali kepada-Nya. Karena sebenarnya, cinta abadi itu hanya milik-Nya. 

2. Mintalah Dukungan kepada Orang yang Paling Kamu Percayai 

Berdiskusi (Foto: mikkelwejdemann/Pixabay.com)

Berdiskusi (Foto: mikkelwejdemann/Pixabay.com)

Sakit hati ditinggal kekasih atau diselingkuhi, anggap saja angin lalu. Jangan, biarkan diri tenggelam mengenang masa indah. Jangan biarkan itu terus menghantui.  

Seorang pakar cinta, sayang penulis lupa namanya. Dia pernah mengatakan, untuk melupakan mantanmu ingatlah selalu kejelekannya.  Kalau kenangan manis itu kemudian muncul lagi. Berusahalah untuk mengingat apa yang paling dibenci kepada si mantan. Rumus ini cukup jitu. Coba saja.  

Terpenting berikutnya, jangan lupa carilah teman diskusi. Orang yang menurut kamu sangat percaya yang bisa menyimpan rahasia kamu. Ajak ia ngobrol. Tumpahkan semua keluh kesahmu kepadanya. Apapun itu.

Dalam kisah Ghurar al-Hikam, Khalifah kelima Imam Ali a.s berkata : Orang yang percaya kepada orang lain, ia akan memperoleh cinta dari mereke.

3. Manjakan diri sendiri 

Keindahan alam (Foto: mikkelwejdemann/Pixabay.com)

Keindahan alam (Foto: mikkelwejdemann/Pixabay.com)

Nah, para ahli menekankan pentingnya agar kita selalu mencintai diri sendiri. Jangan larut dalam kesedihan. Isi waktu dengan sesuatu yang bermanfaat. Lakukan hal yang paling kamu sukai.

Kamu bisa mengajak beberapa temanmu atau saudaramu pergi menikmati alam. Terserah di mana saja yang menurutmu kamu suka. Hilangkan prasangka. Jangan biarkan itu selalu menghantui. Apalagi jika mau pergi menikmati alam.

"Prasangka merusak berbagai urusan dan menghasut kejahatan," kata Imam Ali dalam kitab Ghurar al-Hikam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.