8 Cara Ampuh Hidup Hemat ala Mahasiswa Anak Kost

Menabung Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebagai seorang mahasiswa rantau tentunya kita dituntut agar dapat hidup mandiri serta dapat mengatur semua keperluan secara sendiri, dengan mengatur keperluan secara sendiri otomatis kita akan bisa hidup dengan hemat.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Tentunya dengan memiliki sikap mandiri serta pola hidup yang hemat pasti akan memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya jika memiliki sikap mandiri, yaitu kita dapat melatih tanggung jawab serta tidak akan terlalu bergantung kepada orang lain.

Sedangkan jika memiliki pola hidup yang hemat, tentunya kita dapat terbebas dari perasaan khawatir akan masalah keuangan dan juga memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Dari sekian banyak artikel yang membahas tentang bagaimana cara hidup hemat namun hanya pada artikel inilah yang membahas hal tersebut secara ampuh, yaitu mengenai cara ampuh agar dapat hidup hemat sebagai mahasiswa anak kost. Adapun cara ampuh tersebut, seperti :

1.      Catat Kebutuhan Bulanan, dengan mencatat kebutuhan bulanan seperti kebutuhan makan, transportasi, alat mandi atau cuci, token listrik, tugas, dan lain - lain. Tentu hal tersebut perlu kita lakukan agar kita dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang kita butuhkan selama satu bulan, dengan demikian keuangan kita dapat teralokasikan sebagaimana kebutuhan kita semestinya.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

2.      Lakukan Belanja Bulanan Sekaligus, dengan melakukan belanja bulanan sekaligus, tentunya akan lebih efisien dibandingkan dengan membelanjakan kebutuhan bulanan dalam satu minggu sekali. Selain akan lebih boros, dan kemungkinan besar kita bisa saja membelanjakan barang-barang lainnya, yang tidak terlalu dibutuhkan.

3.      Menabung Secara Teratur, dengan menabung secara teratur baik dalam bentuk uang logam ataupun kertas dengan demikian kita akan mempunyai uang simpanan, tentu dengan adanya uang simpanan tersebut kita dapat menggunakannya apabila sangat diperlukan. Misalnya seperti kebutuhan dalam membeli tas, sepatu,baju, celana, jaket dan lain-lain.

4.      Harus Mempunyai Target, dengan mempunyai target tersebut, secara otomatis kita akan memiliki motivasi dalam menabung. Misalnya menabung dengan target membeli sebuah komputer baru, nah dari target tersebut merupakan bentuk dari penghargaan kepada diri kita sendiri agar motivasi yang ada akan terus terpacu.

5.      Memasak Sendiri, dengan memasak sendiri baik untuk makan di tempat kost ataupun membawanya ke kampus. Tentu biaya yang dibutuhkan akan lebih hemat jika dibandingkan dengan kita harus membeli makan di luar, dengan melakukan hal tersebut tentunya dapat mengurangi pengeluaran keuangan kita.

6.      Mencuci Pakaian Sendiri, dengan mencuci pakaian kita sendiri tentunya akan sangat hemat jika dibandingkan dengan menggukana jasa laundry pakaian. Misalnya dengan menggunakan jasa laundry pakaian, kita akan menghabiskan dana yang lebih besar, jika dibanding dengan mencucinya sendiri kita hanya perlu membeli sabun cuci secukupnya.

7.      Gunakan Wifi Gratis, dengan menggunakan wifi gratis tersebut tentunya akan lebih menghemat kuota internet, dengan demikian kita hanya perlu membeli kuota internet seperlunya saja karena kita sudah memanfaatkan wifi gratis yang sudah tersedia.

8.      Bawa Uang Secukupnya, dengan membawa uang secukupnya kita tidak akan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak seharusnya kita beli dengan kata lain kita harus memisahkan uang yang ada di dompet kita berdasarkan keperluannya.

Menjadi kaya bukanlah tentang seberapa banyak uang yang kita peroleh, melainkan tentang seberapa baik kita mengelola uang tersebut. Demikian tips ampuh yang saya kupas secara tuntas semoga dapat bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.