Bangunan Sekolahnya Nyaris Ambruk, Siswa Terpaksa Mengungsi

Kondisi ruang kelas yang rusak dikhawatirkan ambruk.
Sumber :
  • vstory

VIVA - Takut tertimpa bangunan sekolahnya yang sewaktu-waktu ambruk, siswa SD Negeri Galuh Timur 04, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah mengungsi belajar di madrasah diniyah yang tidak jauh dari sekolah mereka. Siswa terpaksa pindah ruang belajar dengan meminjam madrasah untuk belajar karena kondisi sekolah mereka yang rusak cukup parah.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Kepala SD Negeri Galuh Timur 04, Wartoyo mengatakan kerusakan terjadi pada plafon, genteng dan dinding. Bahkan dinding mengalami retak-retak sehingga rawan ambrol. Atap sekolah yang rapuh juga rawan runtuh. Apalagi musim hujan seperti sekarang ini, sangat berpotensi atap sekolah ambruk.

"Sudah sejak awal semester kemarin kondisi seperti ini," kata Wartoyo. Ia menambahkan, ruang kelas yang mengalami kerusakan yakni kelas 1, 2, dan 3. Sedangkan kelas 4, 5, dan 6 masih dinyatakan aman dan layak untuk belajar siswa.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Pihak sekolah, lanjut Wartoyo telah berulangkali mengajukan rehab, namun sampai sekarang belum ada realisasi dari pihak terkait. Dikhawatirkan, jika kondisi seperti ini tetap dibiarkan tanpa adanya rehab, maka kemungkinan atap maupun dinding sekolah ambruk karena kondisinya sudah parah.

"Saya berharap pihak berwenang bisa langsung merealisasikan rehab agar siswa bisa nyaman dalam belajar," harap Wartoyo. Perhatian dari pemerintah terutama dari Dinas Pendidikan sangat dibutuhkan agar kelangsungan belajar para siswa bisa tetap berjalan. Dengan bangunan sekolah yang nyaman, siswa tidak merasa khawatir saat mereka sedang belajar di sekolah.

Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial
Ilustrasi Maggot (Courtesy: mongabay.co.id)

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Maggot BSF mempunyai biomassa protein dan lemak tinggi. Protein yang bersumber dari maggot BSF lebih ekonomis, ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.