5 Hal Ini Hanya Dipahami oleh Mahasiswa Semester Akhir

Mahasiswa
Mahasiswa
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebagai siswa yang ingin lulus tepat waktu, Anda harus dapat merencanakan segala sesuatunya dengan baik di setiap semester. Meskipun Anda harus melewati banyak kendala, seperti harus mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS), Semester Ujian Akhir (UAS), magang, atau Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Setelah melalui semua itu, perjuangan Anda untuk menjadi seorang sarjana tidak sia-sia. Pada akhir semester, Anda harus menghadapi tantangan nyata, seperti penelitian, tugas akhir atau tesis. Dan kali ini, saya akan membahas 5 perjuangan yang hanya dirasakan oleh mahasiswa semester akhir. Apa saja?

1. Harus menabung lebih banyak

Hemat adalah kata yang paling sering Anda dengar ketika Anda masih pelajar. Apalagi jika Anda seorang pelajar yang bermigrasi dan memiliki uang bulanan yang biasa-biasa saja. Jika Anda masih mahasiswa semester awal, pasti Anda masih punya uang bahkan di akhir bulan, karena biaya kuliah Anda tidak terlalu banyak.

Sangat berbeda ketika Anda menjadi mahasiswa semester akhir, Anda akan berpikir dua kali tentang berbelanja atau bahkan hanya untuk minum kopi, karena Anda perlu banyak pada semester akhir Anda untuk memenuhi seperti biaya pembuatan penelitian, proyek akhir atau tesis, biaya percobaan, biaya kelulusan dan lain-lain

2. Kesulitan mengerjakan penelitian, tugas akhir atau tesis

Menurut mayoritas mahasiswa di berbagai universitas, tahap paling sulit untuk menjadi sarjana adalah melakukan penelitian, tugas akhir atau tesis. Setelah Anda mengalami ini di semester akhir, Anda akan merasakan bagaimana perjuangannya. Mulai dari mencari judul, data, referensi buku, teori, hingga metode penelitian. Tapi, semua itu bisa Anda lakukan tanpa beban jika Anda suka riset yang dilakukan.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.