Ketika Belalang Peloncat Tak Mau Lagi Meloncat

Belalang peloncat kehilangan gairah meloncat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebuah lembaga melakukan riset tentang kebiasaan. Uji coba dilakukan terhadap dua ekor belalang peloncat. Disebut peloncat karena belalang tersebut berpindah tempat dengan cara meloncat.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Peneliti meletakkan dua belalang peloncat tersebut di sebuah tabung kaca yang separuhnya berisi air. Kemudian tabungnya ditutup. Agar tidak mati tenggelam tentu saja kedua belalang ini meloncat. Namun setiap kali berusaha, ia membentur tutup tabung tersebut. Dan begitu seterusnya.

Lama kelamaan mereka tidak meloncat lagi. Karena apabila memaksakan diri, mereka akan selalu membentur tutup tabung. Pada saat itulah para peneliti membuka tabung tersebut, dan membiarkannya terbuka. Apa yang terjadi?

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Belalang itu tidak berusaha lagi meloncat walaupun penutup tabung dibuka. Mereka sudah terbiasa tidak berusaha karena program yang telah ada dalam dirinya. Mereka terus diam di air hingga tenggelam dan mati.

Ternyata kebiasaan manusia pun terbentuk dengan cara yang sama, yaitu pengulangan perilaku, kemudian diikat oleh perasaan. Maka terbentuklah file khusus yang berkaitan dengan kebiasaan itu.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Contohnya adalah kebiasaan merokok. Setiap perokok tahu betul bahwa kebiasaan ini negatif dan berbahaya. Mereka juga tahu kalau lembaga kesehatan sedunia mengingatkan bahaya merokok. Selain itu semua tahu bahwa merokok itu haram karena merusak kesehatan, mental, seksualitas dan keuangan. Tetapi tetap saja mereka merokok. Mengapa demikian?

Karena sudah menjadi kebiasaan yang tersimpan kuat di dalam akal bawah sadarnya yang dihubungkan dengan kebahagiaan, ketenangan, dan cara menghindari problem tertentu. Banyak orang berusaha untuk tidak merokok, tetapi lama kelamaan mereka kembali merokok. Sukses tidaknya untuk tidak merokok tergantung keyakinan kita terhadap bahaya rokok.

Banyak perokok tidak berusaha meloncat lagi, walaupun penutup tabung kaca sudah terbuka sejak lama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.