Manajemen saat Ibu Mengalami Stres

Ibu-ibu mudah stres
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menjadi orangtua tidaklah mudah. Dalam mengasuh dan mendidik anak saja membutuhkan kesabaran ekstra, belum lagi ada masalah lain yang semakin memicu stres. Rasanya ingin marah-marah terus. Kalau sudah stres, anak akan terkena dampaknya.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengurus anak-anak dan berkutat dengan pekerjaan di rumah, membuat banyak ibu memendam stres. Jenuh, lelah, seringkali kesal, tapi tak tahu harus melakukan apa atau harus bicara dengan siapa.

Itulah sebabnya, manajemen stres sangat penting bagi ibu. Manajemen stres yang baik sebenarnya adalah dengan mengenal dirinya sendiri, termasuk kesanggupan, kelebihan dan kekurangan dirinya sendiri.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Sebab, stres akan muncul ketika seseorang menghadapi masalah yang lebih besar daripada kesanggupannya. Berikut cara manajemen stres bagi ibu.

Satu, kenali dan hindari kondisi-kondisi pemicu stres, misalnya lapar, lelah, mengantuk, makan dan istirahat yang cukup.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Dua, bila merasa terlalu lelah, ibu perlu belajar sedikit demi sedikit menurunkan standar dalam hal menuntaskan pekerjaan-pekerjaan rumah. Tak apa-apa jika sesekali rumah sedikit berantakan atau beberapa pekerjaan tertunda.

Ketiga, tidak perlu menjadi “supermom” yang merasa harus bisa mengerjakan semuanya sendiri. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika merasa benar-benar membutuhkannya.

Empat, biasakan membuat jadwal harian dan daftar skala prioritas. Ini akan membuat hari lebih bisa diprediksi dan terbukti sangat membantu meminimalkan stress.

Lima, luangkan sedikit waktu untuk me time. Pergi ke salon atau pergi makan bersama seorang sahabat.

Enam, bangun komunikasi yang baik dengan pasangan. Ceritakan apa yang sedang anda rasakan bagilah beban bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.