Tips Merawat Mobil yang Mudah Tanpa Harus Ke Bengkel

Tips Merawat Mobil
Sumber :
  • vstory

VIVA- Salah satu kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki kendaraan roda empat adalah malas merawat. Mereka hanya mengandalkan perawatan di bengkel sebulan sekali atau malah saat rusak saja karena malas bolak-balik.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Sebenarnya merawat mobil bukan pekerjaan yang sulit kok. Dengan melakukan tips merawat mobil ini, kendaraan akan anti rusak.

Tips merawat mobil yang mudah

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Setelah memiliki mobil, anda disarankan untuk melakukan perawatan rutin di bengkel setiap sebulan sekali atau kalau memang ada masalah. Nah, apakah hal itu sudah cukup? Jawabannya adalah tidak. Anda harus melakukan perawatan sendiri di rumah agar kendaraan tampil semakin prima.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kendaraan roda empat di rumah. Meski Anda tidak memiliki pengetahuan tentang otomotif, cara di bawah ini tetap bisa dilakukan.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Cuci secara Rutin Bila Kotor

Merawat mobil sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana seperti mencucinya secara rutin. Meski bodi mobil sangat kuat dan bagian rangkanya terbuat dari bahan berkualitas, kalau kotor tetap tampak tidak sempurna. Belum lagi kalau sedang musim hujan dan mobil digunakan untuk menerjang banjir, kemungkinan besar akan sangat kotor.

Kalau bodi mobil benar-benar kotor, gunakan sabun khusus untuk mencucinya. Lakukan sehari sekali kalau memang kondisinya hujan. Hindari kotoran sampai kering dan akhirnya membentuk kerak. Mobil yang tidak terlalu kotor tidak perlu sampai dicuci setiap hari. Anda bisa mengelapnya sampai bersih sehingga bodinya tetap kinclong.

Membersihkan Lantai hingga Jok Mobil

Membersihkan lantai, jok, hingga semua komponen bagian dalam mobil termasuk aksesori juga penting. Sapu bagian lantai dari mobil atau sela-sela jok yang menyimpan debu. Gunakan semacam vacuum cleaner kalau susah menjangkaunya. Usahakan untuk membersihkan jok atau bagian lain dari noda akibat makanan atau tinta.

Demi menjaga kebersihan bagian dalam dari kendaraan, beri tempat sampah kecil di bagian tengah. Jadi, sampah jenis apa pun khususnya bungkus makanan tidak dimasukkan ke belakang jok dan menumpuk di sana. Saat musim hujan, lapisi bagian bawah mobil dengan kain atau sejenisnya agar kotoran tidak menempel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.