Mau Sukses Berbisnis? Ketahui Kuncinya Berikut Ini

Kunci sukses berbisnis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menjadi seorang pebisnis sukses dengan banyak keuntungan menjadi salah satu harapan bagi banyak orang. Apalagi saat ini juga berkembang tren-tren baru yang mendorong generasi muda agar

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Namun, bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk membangun bisnis dari awal? Perlu diketahui, bahwa membangun sebuah bisnis tidak semudah membicarakannya saja, Anda perlu bekerja keras sejak awal dan siap dengan segala tantangan dan rintangan yang ada di kemudian hari.

Karena tidak ada bisnis yang berjalan mulus-mulus saja. Untuk berkembang, sebuah bisnis pasti memiliki tantangan di setiap perjalanannya. Yuk, simak kiat sukses berbisnis berikut ini:

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

1.       Ketahui Pangsa Pasar

Dalam menjalankan bisnis, tentu harus memiliki pangsa pasar yang tepat, di mana Anda bisa memiliki sejumlah konsumen aktif dan bisa menjadi pelanggan bisnis Anda. Dengan mengetahui pasar, Anda bisa menentukan.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Langkah pertama yang dapat dipertimbangkan dalam membangun bisnis, yakni menemukan ide bisnis terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

2.       Pelajari Kompetitor

Di dalam bisnis Anda akan menemukan persaingan. Karenanya, Anda harus bisa mengatasinya dengan baik, yakni dengan cara mempelajari pesaing Anda di dalam bisnis tersebut.

Ketahui kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda, sehingga Anda dapat menentukan langkah-langkah strategis untuk mengembangkan bisnis Anda.

3.       Lakukan perencanaan yang matang

Salah satu poin penting dalam memulai usaha adalah membuat perencanaan bisnis, di mana Anda harus menimbang dan menghitung berbagai hal yang harus dipersiapkan dalam membangun bisnis tersebut. Perhitungkan segala sesuatunya dengan tepat.

Perencanaan menjadi salah satu poin penting karena akan menjadi landasan dan tolak ukur dalam perjalanan bisnis sampai berhasil mendapatkan tujuan yang ingin dicapai dalam berbisnis.

4.       Siapkan Modal

Berapa modal yang akan dibutuhkan dalam membangun bisnis dan bagaimana Anda mendapatkannya? Hal ini juga menjadi pertanyaan penting ketika akan membangun bisnis. Jika Anda adalah pebisnis pemula, maka ada baiknya Anda menjalankan bisnis sesuai dengan kemapuan dan modal yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa memulai dengan bisnis yang mudah seperti bisnis franchise Freshy Ice Tea, yang menawarkan paket usaha mulai dari 3,5 juta saja. Dengan modal tersebut, mitra sudah mendapatkan berbagai keuntungan dan peralatan usaha komplit.

5.       Maksimalkan Pemasaran dan Promosi

Saat bisnis sudah mulai berjalan, jangan lupa untuk melakukan pemasaran dan juga promosi. Kedua hal ini penting untuk dimaksimalkan, agar bisnis yang Anda jalankan dapat dikenal dengan lebih mudah dan cepat sesuai dengan target audiens Anda.

Maksimalkan pemasaran dan promosi bisnis Anda dengan langkah yang paling tepat, misalnya dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram ads, facebook ads, mengikuti pameran atau event, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.