Mau Bisnis Anda Sukses? Ini Dia Tips Akurat Membidik Target Pasar

membidik target pasar
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kemampuan membidik target pasar dengan tepat sangat dibutuhkan, agar Anda bisa bertahan di tengah persaingan pasar yang ketat, serta menjamurnya peluang bisnis yang baru bermuncukan. Hal ini juga mendorong pengusaha maupun pelaku pasar untuk membidik konsumen dengan lebih teliti.

Genjot Kinerja Bisnis, UMKM Kadang Lupa Lakukan Hal Ini

Dengan membidik target pasar yang jelas, Anda akan dengan mudah menentukan produk apa saja yang akan dipasarkan dengan menyesuaikan keunggulan produk terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Tak heran, jika para pelaku usaha perlu membidik target pasar dengan baik agar keuntungan besar bisa didapat perusahaan yang dijalankan.

Untuk membantu pelaku usaha pemula membidik target pasar, berikut akan dibahas tips yang bisa diperhatikan sebelum menjalankan strategi pemasaran.

Mengoptimalkan Bisnis di Era Digital: Solusi Komprehensif dari Metrotwin.com

Spesifikasi target pasar

Pastikan untuk menentukan target pasar secara spesifik. Banyak pengusaha yang mengiklankan produk mereka cocok untuk semua kalangan, padahal “semua kalangan” itu sendiri memiliki arti yang cukup luas. Sehingga, untuk mengoptimalkan keunggulan produk dan memenangkan persaingan pasar, Anda perlu menentukan target pasar yang spesifik.

Mendag Bertemu CEO YouTube, Ini yang Dibahas

Misalnya jika Anda membidik kalangan milenial untuk memasarkan produk minuman kekinian seperti Xie Xie Boba, maka Anda memiliki calon konsumen yang jelas dan bisa mengoptimalkan kualitas produk sesuai kebutuhan dan keinginan milenial zaman now.

Sesuaikan target pasar dan branding

Saat Anda menyusun konsep bisnis yang akan digunakan, pasti Anda memiliki bayangan tentang branding yang akan dikenalkan pada konsumen. Ambil contoh apabila target pasar Anda adalah anak muda, tentu bisnis dengan kesan kekinian akan cocok. Dalam memulai bisnis, penyesuaian branding dengan target pasar memiliki peran yang besar.

Branding yang kuat akan mempermudah Anda menemukan target pasar yang sesuai. Hal itu juga yang akan membuat bisnis mudah berkembang dan maju.

Menyesuaikan tingkat ekonomi

Tips menentukan target pasar selanjutnya adalah dengan menyesuaikan tingkat ekonomi. Dengan melihat kesesuaian ekonomi maka Anda bisa mengetahui produk apa yang paling cocok untuk dijual. Ada 3 tingkatan pengelompokan yang bisa Anda gunakan, yaitu tingkat bawah, menengah, dan atas.

Pada beberapa jens bisnis, memang hanya bisa dikelompokkan menjadi 2 tingkatan yaitu menengah dan atas. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal melakukan penyesuaian dengan branding dan konsep.

Target pasar yang terjangkau

Tips selanjutnya adalah dengan mengutamakan target pasar yang terjangkau. Meski kini pemasaran melalui internet dan sosial media dinilai efektif dan membantu menembus jarak dengan cara yang mudah dan cepat. Namun, tak ada salahnya Anda mengutamakan pasar lokal yang lebih mudah dijangkau.

Amati dulu lingkungan sekitar Anda, apa yang dibutuhkan masyarakat di tempat Anda akan membuka bisnis, hal ini tentu akan membantu bisnis Anda mendapat keuntungan maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.