Perhatikan Risiko Usaha Coffee Shop ini Sebelum Memulai Bisnis

risiko yang perlu diperhatikan dalam berbisnis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sudah bukan hal yang aneh jika saat ini bisnis coffee shop atau café semakin menjamur. Dengan tingkat konsumsi kopi yang tadinya hanya 0,8 kg, kini meningkatkan hingga 1,5 kg perkapita.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Tingkat konsumsi ini bahkan masih mungkin meningkat lagi, ditambah meningkatnya minat masyarakat meminum kopi sekaligus berkumpul dan ngobrol membuat usaha cafe menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Namun, setiap usaha tetap memiliki risiko, sebelum membuka usaha café atau coffee shop Anda sendiri, sebaiknya ketahui risiko yang akan dihadapi nantinya.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Risiko pemilihan lokasi

Lokasi sangat berpengaruh terhadap kemungkinan keberhasilan usaha yang akan dijalankan, karena bisnis tidak mungkin berkembang jika susah dilihat dan ditemui oleh orang-orang.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Meski begitu, lokasi juga mempengaruhi harga sewa yang harus dibayarkan dan banyaknya target pasar yang bisa didapatkan. Sementara itu, memilih lokasi yang murah tetapi tidak strategis justru akan berakibat gagalnya usaha. Untuk itu, perlu dilakukan riset sebelum memilih lokasi.

Pertimbangkan apakah harga sewa dapat terbayar dan apakah lokasi yang dipilih sesuai dengan target pasar Anda.

Risiko persaingan pasar

Tingginya persaingan pasar seperti hal mutlak yang tidak bisa dihindari dalam menjalankan usaha café. Persaingan pasar yang ada tentunya bukan saja dengan pengusaha lama, melainkan juga café-café baru yang akan didirikan di dekat lokasi Anda membangun usaha nantinya.

Risiko ini tidak bisa dihindari 100%, namun Anda bisa mengurangi risiko dengan melakukan riset secara teliti. Selain itu, Anda bisa berkomitmen tinggi untuk memberikan pelayanan yang baik, dengan kopi terbaik yang akan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap café Anda.

Risiko salah konsep

Sebagian besar orang datang ke café bukan hanya sekedar minuman kopi, melainkan juga untuk menikmati suasana, mengobrol dengan teman, bekerja, bahkan meeting dengan orang lain. Untuk itu, sebagai pemilik café, Anda perlu menyiapkan konsep yang sesuai dengan kebutuhan ini.

Selain itu, sesuaikan konsep dengan target pasar Anda. Jika target pasar Anda adalah anak muda, sebaiknya Anda buat konsep kekinian dan instagramable. Dengan rasa kopi dan packaging kekinian, seperti konsep kopi Kofaganza. Produk kopi ini bisa Anda jadikan inspirasi.

Risiko salah memilih target pasar

Memilih target pasar adalah hal yang sangat penting bagi berjalannya sebuah bisnis. Begitu juga dengan bisnis café, Anda harus memiliki target pasar yang sesuai dengan lokasi, konsep, persaingan pasar, dan lain-lain.

Anda juga harus mengetahui dinamika target pasar seperti tingkat keberhasilan yang mereka milikim, juga seberapa besar uang yang akan dibelanjakan untuk kebutuhan seperti ngopi di café. Degan pengetahuan tersebut, Anda bisa menentukan aspek penting lainnya seperti penentuan harga, konsep café, pilihan menu, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.