Hobi Aquascape untuk Kesehatan Mental

aquascape ikan kecil bergerombol
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tidak sedikit orang yang senang memelihara ikan sebagai hobi aquascape. Secara sederhana, aquascape adalah membuat ekosistem buatan khususnya untuk water. Baik air asin (salt water) maupun air tawar (fresh water). Nah, apakah Anda tahu manfaat yang jarang disadari jika melakukannya?

Yuk Coba, 3 Hobi di Rumah Ampuh Redam Stres

Manfaat Hobi Aquascape untuk Ketenangan

  1. Membangun sendiri aquascape mulai dari awal merupakan hal sangat menyenangkan terutama bagi yang hobi di dalamnya. Menghabiskan waktu dengan cara menyenangkan akan sangat membahagiakan.
  2. Kepuasan tersendiri akan Anda dapatkan jika aquascape mendekati finish. Bahkan, Anda akan memperoleh kepuasan mulai dari memilih flora dan fauna untuk bakal penghuni aquascape.
  3. Mempunyai banyak teman yang hobi seragam. Seperti berkumpul di grup aquascape, mendapat informasi dari blog tentang ikan dan air filosofish, dan sebagainya.
4 Tips Merawat Koleksi Barang Kesayangan Biar Awet

Menyiapkan Peralatan di Sekitar

Tidak sedikit orang beranggapan, bahwa hobi aquascape untuk pemula akan membutuhkan modal yang sangat banyak. Mulai dari peralatan dasar seperti aquarium bagus, tanaman yang butuh CO2 dan tanpa CO2 mahal serta langka, hingga ikan atau lobster hias yang sulit dijumpai.

Nostalgia Main LEGO, Kenangan Hobi Favorit Lintas Generasi

Namun sebenarnya, Anda dapat menemukan berbagai peralatan tersebut di sekitar rumah. Misalnya menggunakan aquarium bekas yang akan disulap menjadi aquascape setelah dicuci dan dibersihkan.

Flora meliputi kayu seperti kayu jambu biji, rasamala, dan sebagainya. Tanaman air di sungai kecil, sawah, maupun kubangan. Sedangkan fauna dapat Anda cari dengan gratis melalui memancing teknik microfishing atau membelinya di toko ikan hias terdekat. 

Nah, untuk perlengkapan pendukung yang lain, misalnya: pasir atau soil, batu hias, lem, rumput air, moss atau lumut, serta aksesoris penghias dapat Anda temui di pusat aquascape kota Anda.

Dengan ketekunan dalam hobi aquascape, akan Anda jumpai rasa puas dan tenang. Cobalah dengan menyisihkan waktu serta tenaga untuk kesenangan Anda melakukan hobi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.