Hari Sumpah Pemuda, Bersatu dan Bangkit Lawan Narkoba

Dokumentasi DPD II KNPI Aceh Singkil
Sumber :
  • vstory

VIVA – Salam Pemuda! Pemuda bermartabat itu tidak mengenal apalagi menggunakan narkoba, pemuda saat ini adalah pemimpin di masa depan.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Globalisasi membawa dampak besar bagi Indonesia, salah satunya masuknya budaya negatif dari luar yang merusak generasi muda. Pemberantasan dan pencegahan narkoba oleh pemerintah sudah gencar dilakukan.

Presiden RI Joko Widodo menyatakan kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwa Indonesia berada dalam situasi Darurat Narkoba. Peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang mengancam dunia.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Apalagi dunia sedang dihadapkan dengan pandemi Covid - 19 yang memerlukan perhatian dan penanganan khusus ternyata dimanfaatkan oleh para oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab merusak generasi penerus bangsa indonesia dengan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

Perang terhadap narkoba tersebut menuntut seluruh elemen bangsa untuk bergerak mengambil peran menghadapi kejahatan terorganisir tersebut.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Kejahatan narkoba sudah sangat serius. Korbannya luas dan masif, tidak mengenal batas usia dan status. Setiap tahun sekitar 15 ribu orang Indonesia meninggal dunia atau dapat dikatakan setiap hari ada 50 orang Indonesia meninggal dunia karena menyalahgunakan narkoba.

Dengan momentum Sumpah Pemuda KNPI selalu dengan aktif menyuarakan penanggulangan bahaya narkoba terlebih kepada remaja atau pemuda yang memiliki segudang potensi, gagasan dengan kegiatan yang produktif, mengajak kita untuk "Bersatu dan Bangkit Lawan Narkoba".

Banyak masalah yang perlu segera dipecahkan bersama terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba :

  • Mengapa terjadi penyalahgunaan narkoba?
  • Jenis jenis narkoba manakah yang disalahgunakan?
  • Bagaimanakah dampak negatif penyalahgunaan narkoba?
  • Bagaimanakah upaya upaya yang perlu dilakukan untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan berbagai pendekatan?
  • Apa peran elemen ormas kepemudaan, tokoh masyarakat, dan pemerintah dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba?

Hal ini harus dicermati untuk ditindaklanjuti sebagai solusi untuk penyelamatan bangsa ke depan. 

Bangsa yang kuat sangat ditunjang dengan adanya sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani, dari itu perlu dibangun sejak dini dengan bekal iman dan ilmu. Sudah saatnya kita bersatu leburkan segala  perbedaan lawan narkoba dalam satu hati Pancasila demi mewujudkan generasi emas bangsa bebas narkoba.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 

#BersatudanBangkit
#Hidup 100 persen Sadar Sehat, Produktif, dan Bahagia Tanpa Narkoba
#LawanNarkoba

(Penulis: Subhan Tomi, Ketua Bidang Kesehatan DPD II KNPI Aceh Singkil)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.