Tips Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

memulai bisnis di usia muda
Sumber :
  • vstory
Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

VIVA – Usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang sedang naik daun dan banyak diminati masyarakat tak terkecuali anak-anak muda genereasi milenial. Kini Anda bisa melihat berbagai usaha kuliner di mana saja, baik usaha-usaha yang dijual secara offline maupun online.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Mengingat makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan yang harus selalu dipenuhi, tidak heran jika usaha kuliner menjanjikan keuntungan besar dan berlipat dibanding bidang usaha lainnya.

Salah satunya adalah Kuma Crunch, sebuah bisnis franchise yang menawarkan peluang usaha super untung karena memiliki cita rasa yang enak, harga terjangkau namun sangat potensial untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Meskipun begitu, untuk dapat meraih sukses dalam usaha kuliner, diperlukan kerja keras dan strategi tepat.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

1.    Tentukan bisnis kuliner yang ingin Anda jalankan

Bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat luas. Untuk itu, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu akan ingin menjual jenis usaha apa. Apakah Anda akan menjual kuliner khas mancanegara, atau akan menjual kuliner lokal. Atau apakah Anda akan menjual makanan berat, catering, makanan ringan, atau justru ingin menjual aneka minuman kekinian seperti boba atau cheese tea?

2.    Siapkan Modal

Seperti bisnis-bisnis lainnya, memulai bisnis kuliner pun memerlukan modal. Seberapa besar bisnis yang ingin Anda geluti akan menentukan jumlah modal yang harus Anda persiapkan. Jika modal yang ada belum cukup, Anda dapat meminjam melalui bank atau koperasi.

Namun jika Anda ragu dengan cara tersebut, maka Anda dapat memulai usaha dengan modal yang Anda miliki terlebih dahulu sembari terus mengembangkannya.

3.    Tentukan Supplier

Dalam menjalankan bisnis kuliner, tentu saja Anda membutuhkan pasokan bahan baku dasar agar bisa diolah menjadi produk jadi. Untuk itu, Anda membutuhkan supplier yang mampu memberikan bahan baku sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Bagi pengusaha pemula, untuk menghemat anggaran, tidak ada salahnya berbelanja sendiri ke pasar. Namun jika bisnis Anda sudah besar, maka Anda bisa membeli langsung ke supplier atau produsen.

4.    Ciptakan ciri khas

Saat ini bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, sehingga menjadi salah satu hal yang wajar jika sektor ini memiliki banyak pesaing. Oleh karena itu, pastikan bisnis yang Anda geluti memiliki ciri khas yang unik sehingga bisa menarik perhatian target pasar dan bisnis yang Anda geluti menjadi lebih unggul dibandingkan kompetitor.

5.    Beri promo dan aktifkan media sosial Anda

Di era serba digital ini, sudah sebagai keharusan mengembangkan sayap bisnis dengan menggunakan media sosial, terlebih lagi bisnis kuliner. Media sosial seperti facebook dan instagram memiliki fitur ads yang sangat efekif untuk memasarkan bisnis Anda secara lebih luas. Apalagi facebook dan instagram saat ini menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia bahkan dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.