Langkah Sukses dalam Berdagang

Sukses berbisnis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Banyak langkah dan usaha yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk membuat bisnis yang mereka jalankan sukses dan berkembang. Setiap pelaku bisnis pasti memiliki prinsip dan kepercayaan yang akan membantu mereka menuju arah yang tepat saat menghadapi risiko bebisnis.

Abimana Aryasatya Pernah Kabur dari Rumah dan Jualan Burger

Biasanya, para pelaku usaha baru akan melakukan kesalahan berupa terlalu menghabiskan banyak waktu untuk mencari jalan pintas dalam meraih kesuksesan. Namun, Anda tidak perlu melakukannya, karena ada langkah-langkah yang bisa Anda gunakan.

Tentukan Ide dari Apa yang Anda Sukai

9 Tips dan Keutamaan Berdagang dalam Islam

Anda bisa mencari ide bisnis dengan mencari tahu apa yang Anda sukai. Karena menjalankan bisnis bukanlah hal mudah seperti yang dibayangkan kebanyakan orang, sehingga apabila bisnis yang Anda jalankan tidak menarik dan membuat Anda nyaman, justru akan memersulit langkah Anda. Ketahui apa yang Anda sukai dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

“Apa yang Anda lakukan di waktu luang?”

10 Trik Dagang yang Harus Anda Ketahui, Jangan Terjebak

“Apakah hobi Anda dapat menghasilkan keuntungan dan dijadikan bisnis?”

“Apakah Anda akan mengerjakan hak itu dengan senang hati?”

Buat Rencana Sebelum Memulai Usaha

Sebelum memulai usaha, buatlah perencanaan yang matang untuk mengatur jalannya usaha, dari keluar masuknya barang hingga pengelolaan keuangan. Dengan perencanaan ini, akan memungkinkan Anda untuk menentukan arah dan tujuan meskipun hal ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Seorang pelaku usaha atau pedagang harus mampu meluangkan waktu untuk mengidentifikasi pasar dan melakukan perbaruan strategi.

Kemajuan teknologi saat ini mampu mempermudah Anda dalam melakukan uji dan analisa peluang usaha. Dari data-data yang didapat, akan membuat Anda mampu menentukan rencana mana yang cocok untuk dikembangkan. Setelah itu, Anda bisa mengidentifikasi ulang dan mengujinya kembali sampai dapat digunakan pada usaha Anda.

Serius Berdagang

Setiap usaha memerlukan keseriusan dalam mencapai kesiksesan, sehingga usaha tersebut tidak hanya sekedar hobi atau pekerjaan. Keseriusan akan membuat Anda berkomitmen untuk mengembangkan usaha. Apabila Anda menganggap usaha yang Anda jalankan hanyalah pekerjaan, maka Anda akan rentan merasa stress, karena tidak memiliki pemasukan rutin.

Disamping itu dalam menjalankan usaha, Anda juga akan dihadapkan dengan biaya, kerugian, ketidakpastian, hingga risiko-risiko. Inilah pentingnya analisa dan menyusun strategi untuk memaksimalkan potensi usaha.

Lakukan Inovasi dan Banyak Belajar

Menjadi berbeda dengan kompetitor dan terus berinovasi adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis. perbedaan inilah yang membuat bisnis Anda unik dan berbeda dari kompetitor Anda. Sehingga konsumen lebih tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Seperti yang dilakukan oleh minuman teh kekinian Chaphoria, produk ini terus berinovasi dan mengikuti perkembangan pasar untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis. Selain inobasi, Anda juga perlu banyak belajar tentang perubahan-perubahan yang terjadi di dunia bisnis dan dagang, sehingga bisa terus mengikuti tren pasar.


Sumber foto: esqtraining.com

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.