Kunci Sukses Berbisnis Franchise bagi Pemula

berbisnis bagi pemula
Sumber :
  • vstory

VIVA – Berbicara bisnis tentu tak lepas dari risiko, jika Anda ingin berbisnis dengan risiko kecil dan menguntungkan, ada baiknya Anda mencoba sistem waralaba. Bagi pengusaha pemula yang baru akan membuka usaha, bisnis waralaba atau franchise dianggap sebagai bisnis paling aman untuk pemula karena tidak harus memersiapkan semuanya dari nol.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Produk bisnis franchise sudah memiliki SOP yang tetap dan sistem manajemen yang telah berjalan dengan baik. Anda sebagai franchisee cukup menyiapkan modal dan melanjutkannya. Apakah bisnis franchise terjamin aman? Hal ini tergantung pada peran Anda dalam mengikuti arahan dan saran dari pemilik franchise, serta kejelian Anda mengelola bisnis tersebut.

Prinsipnya, bisnis adalah mengelola risiko menjadi keuntungan. Salah-salah dalam pengelolaan risiko, maka Anda akan mendapat kerugian. Pada dasarnya, franchise merupakan sebuah sistem pemasaran yang dilakukan pemilik usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Bisnis franchise bisa dilakukan oleh siapapun  termasuk ibu rumah tangga, bahkan bagi orang-orang yang baru pertama kali menjalankan bisnis waralaba. Berikut kunci sukses dalam berbisnis franchise bagi pemula yang bisa Anda lakukan.

Pemilihan lokasi strategis

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Lokasi strategis akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi. Apabila Anda memilih bisnis minuman kekinian seperti Kuma Crunch, yang membidik milenial sebagai target pasar. Maka Anda perlu memilih lokasi yang dekat dengan sekolah atau kampus.

Pilih Bisnis yang Mudah Dijalankan

Sebagai pelaku bisnis baru, Anda harus memelajari tentang produk tersebut. Pilih bisnis yang mudah untuk mengawali perjalanan bisnis Anda, seperti bisnis yang tidak terlalu banyak menyita waktu dan juga pikiran.

Pilih bisnis dengan harga terjangkau

Harga terjangkau berbanding lurus dengan risiko yang akan terkontrol. Jangan sampai Anda menjalankan usaha yang terlalu berisiko, sehingga ketika Anda gagal akan langsung mengalami kebangkrutan akibat bisnis yang terlalu mahal. Carilah bisnis franchise dengan harga produk terjangkau oleh semua kalangan.

Pilih produk yang dicari konsumen

Bisnis yang banyak dicari akan memberi kemudahan dari segi pemasaran. Salah satu jenis bisnis franchise yang sedang banyak dicari saat ini adalah franchise minuman kekinian. Hampir di setiap pusat perbelanjaan bisa kita temui bisnis minuman kekinian, salah satunya busa Anda jadikan pilihan.

Pilih bisnis dengan pelayanan yang baik

Sebaiknya jangan asal memilih bisnis yang murah, pastikan bahwa Anda bergabung dengan pemilik bisnis yang memberi pelayanan maksimal. Misalnya seperti pelayanan informasi mitra yang baik dan senantiasa membantu Anda dalam kelancaran usaha, memberi pelatihan atau bimbingan mengenai bisnis franchise tersebut. Sehingga Anda akan terbantu dalam menjalankan bisnis tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.