PPPA Daarul Qur’an Kukuhkan 11 MPZ

Penyerahan sertifikat dari PPPA Daarul Qur'an kepada MPZ
Sumber :
  • vstory
Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

VIVA – Perjalanan PPPA Daarul Qur'an dalam meluaskan manfaat dan dakwah tahfidzul Qur'an semakin masif. Namun, itu semua belum cukup untuk menggapai mimpi besarnya yakni Go 5 Benua.

Maka dari itu, untuk mewujudkan impian tersebut dan menguatkan gerakan dakwahnya di Tanah Air, PPPA Daarul Qur'an saat ini tengah mengembangkan program terbarunya untuk melahirkan Mitra Pengelola Zakat (MPZ) di berbagai wilayah.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Hingga saat ini, PPPA Daarul Qur'an sendiri sudah mengukuhkan sebanyak 51 MPZ yang tersebar di sejumlah daerah. Jumlah ini bertambah setelah pada Rabu (25/11) lalu, PPPA Daarul Qur'an mengukuhkan 11 MPZ di Hotel Vue Palace Bandung.

Sebanyak 11 MPZ yang diresmikan pada acara tersebut, mayoritas adalah rumah tahfidz. Mengingat, sejumlah rumah tahfidz binaan PPPA Daarul Qur'an selama ini telah menghimpun dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) dari masyarakat di sekitarnya.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Hanya saja, sebagian besar rumah tahfidz yang sebelumnya melakukan aktivitas penghimpunan dana belum memiliki legalitas hukum. Maka dari itu, dengan bergabung bersama PPPA Daarul Qur'an maka rumah tahfidz tersebut otomatis memiliki payung hukum.

Mengingat, PPPA Daarul Qur'an merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) yang telah mengantongi izinnya sejak beberapa tahun silam. Sehingga, setiap rumah tahfidz atau majelis yang bergabung menjadi MPZ PPPA Daarul Qur'an maka memiliki legalitas hukum yang kuat.

Hal itu juga disampaikan oleh Direktur Marketing dan Komunikasi PPPA Daarul Qur’an, Dwi Kartika Ningsih. Ia mengatakan bahwa salah satu manfaat bergabung menjadi Mitra Pengelola Zakat (MPZ) adalah dapat menghimpun dana secara mandiri dan legal serta dilindungi oleh payung hukum.

“Kalau sebelumnya tidak diperbolehkan karena tidak ada legalitasnya, sedangkan untuk mengajukan legalitas, prosedurnya sangat rumit. Oleh karena itu, hadirnya kami sebagai Laznas ini bisa memayungi rumah tahfidz untuk bisa menjadi mitra MPZ PPPA Daarul Qur’an,” tutur Dwi.

Selain itu, rumah tahfidz yang telah bergabung menjadi MPZ pun dapat dengan maksimal menebar manfaatnya untuk masyarakat sekitar. Terlebih, sistem pelaporan yang terkini juga memudahkan PPPA Daarul Qur'an dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mengetahui sejauh mana distribusi manfaat dana Ziswaf tersebut.

“Penting bagi kami untuk bisa terus memberikan support, saling menguatkan, mudah-mudahan dengan adanya MPZ ini kita bisa saling bergerak bersama. Tidak hanya PPPA Daarul Qur’an pusat dan cabang, tapi rumah tahfidz bisa ikut bergerak,” pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.