Lakukan Tips Ini agar Bisnis Franchise Kopimu Semakin Laris

tips bisnis anti rugi
Sumber :
  • vstory
Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

VIVA – Usaha franchise memang terbilang cukup mudah, baik dari segi menjalankannya maupun mendapatkan keuntungan. Karena usaha franchise pada umumnya adalah usaha yang sudah memiliki nama yang terkenal dan manajemen yang baik.

Usaha franchise bisa sangat beragam, mulai dari penyedia jasa, makan, hingga minuman kekinian yang sedang ramai di pasaran. Salah satu usaha franchise minuman yang banyak dijalankan para pelaku usaha saat ini adalah franchise kopi.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Menjalankan franchise kopi terbilang susah-susah gampang, karena cara pembuatan yang sedikit berbeda dengan jenis minuman lainnya. Bagi kamu yang ingin menjalankan usaha franchise minuman kopi, sebaiknya perhatikan hal-hal yang akan mendukung bisnis mu berjalan maksimal.

Untuk menghindari kekeliruan, lakukan tips yang akan membantu usaha franchise kopi mu laris manis di pasaran.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Cari tahu backgroung franchisor

Sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha franchise, kamu perlu memerhatikan dengan teliti tentang background franchise yang akan dipilih. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih franchise tertentu.

Ada baiknya kamu mengenali brand dan aturan-aturan yang sudah ditentukan oleh perusahaan penyedia franchise. Aturan-aturan yang dimaskud bisa berupa fee, sistem franchise, sistem kontrak kerja, dan lain-lain.

Selain itu, kamu perlu membandingkan franchise yang satu dengan lainnya. Bila perlu, lakukan perhitungan dengan matang, terapkan prinsip ekonomi di mana kamu perlu mengeluarkan modal serendah mungkin untuk mendapat keuntungan maksimal.

Tentukan lokasi strategis

Setelah menentukan usaha franchise yang tepat, langkah selanjutnya adalah kamu harus menentukan lokasi usaha yang strategis. Usahakan lokasi yang nantinya akan digunakan untuk membuka usaha adalah lokasi yang ideal. Misalnya jika kamu ingin membuka usaha menggunakan booth, kamu harus memerhatikan letak booth nantinya agar mudah terlihat oleh calon konsumen.

Jika kamu ingin membuka usaha dengan konsep kedai, hal yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi yang nyaman dan parkiran yang luas. Lokasi strategis juga akan berpengaruh pada potensi pasar usaha yang kamu jalankan.

Dalam menjalankan bisnis, sebaiknya terus kenali minat dan daya beli lingkungan sekitar. Sebagai pelaku usaha, kamu wajib menganalisa potensi pasar, agar nantinya kamu bisa mendapat gambaran berapa lama modalmu akan kembali.

Lakukan inovasi

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya usaha, sebagai pemilik kamu harus melakukan inovasi. Lakukan inovasi tanpa melanggar perjanjian dan kontrak yang sudah disepakati dengan franchisor. Lakukan promosi dengan gencar.

Dengan perkembangan media sosial, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi usaha. Biasanya brand-brand terkenal seperto Kofaganza akan menggunakan Instagram untuk memposting konten-konten iklan dan promosinya. Promosi yang dilakukan melalui sosal media, terutama Instagram terbukti mampu menjangkau konsumen lebih luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.