Lakukan Inovasi ini agar Bisnismu Terus Berkembang

Inovasi bisnis
Sumber :
  • vstory
Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

VIVA – Inovasi bisnis yang dilakukan sebuah perusahaan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis itu sendiri. Kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan akan meningkatkan minat konsumen dan berdampak langsung pada peningkatan penjualan serta laba yang akan didapat.

Sebelumnya, kenali dulu aspek inovasi berikut yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Inovasi poduk

Inovasi produk dilakukan untuk meningkatkan kualitas, fungsi, serta pengemasan produk agar lebih menarik. Inovasi produk juga bisa menekan biaya operasional produk sesuai keinginan konsumen.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Inovasi ini juga memiliki kaitan dengan peningkatan penjualan produk tersebut. Produk dan layanan yang sudah sesuai dengan keinginan konsumen akan membuat produk lebih diminati oleh konsumen.

Hal ini tentu berdampak pada peningkatan penjualan dan laba perusahaan. Salah satu inovasi produk yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan produk yang sedang tren, seperti minuman kekinian Ai Boba. Produk ini terus melakukan inovasi sehingga bisa terus bertahan di tengah persaingan bisnis.

Inovasi pemasaran

Pemasaran memiliki pengertian sebagai proses komunikasi yang bertujuan memberi informasi suatu produk atau layanan yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan manusia. Inovasi pemasaran akan membantu perkembangan marketing mix untuk memerluas pasar yang akan menguntungkan perusahaan.

Marketing mix adalah kombinasi beberapa variabel yang terkait dengan pemasaran perusahaan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Variabel tersebut terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Marketing mix sendiri merupakan cara untuk memengaruhi konsumen untuk segera menggunakan layanan dan produk yang ditawarkan.

Inovasi pengelolaan konsumen

Inovasi pengelolaan konsumen diantaranya melalui CRM atau Customer Relationship Management atau dengan kata lain manajemen hubungan pelanggan. Manajemen ini merupakan sistem informasi yang digunakan untuk merancang, menjadwalkan, serta mengendaalikan aktivitas sebelum dan sesudah penjualan dalam perusahaan.

Beberapa aspek yang tergabung dalam CRM merupakan aspek yang berhubungan langsung dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, di antaranya pusat panggilan atau call center, tenaga penjualan atau sales force, pemasaran, dukungan teknis atau technical support, serta layanan lapangan atau field service. Pengelolaan konsumen ini akan meningkatan loyalitas konsumen pada perusahaan.

Inovasi pelayanan

Pelayananan merupakan hal yang seringkali terabaikan oleh pengusaha. Inovasi pelayanan bisa berupa after sales service yang akan meningkatkan kepuasan konsumen serta mendorong konsumen untuk melakukan repeat order.

Dalam sebuah bisnis, pelayanan sangat erat kaitannya dengan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen sendiri merupakan keadaan saat keinginan, harapan, dan kebutuhan terpenuhi. Pelayanan yang diberikan perusahaan bisa dikatakan memuaskan jika pelayanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.

Penting bagi sebuah perusahaan untuk dapat mengukur kepuasan konsumen, apabila konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut bisa dikatakan tidak efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.