Bibit Pohon Pisang untuk Kelompok Wanita Tani di Kulonprogo

Warga saat menerima bibit pohon pisang
Sumber :
  • vstory
Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

VIVA – Kelompok Wanita Tani (KWT) Tani Maju Kulonprogo sudah berdiri lebih dari empat tahun yang lalu. Kini sudah beranggotakan 31 lebih ibu-ibu yang tinggal di Dusun Kalisoka, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anggotanya adalah ibu-ibu rumah tangga dan petani yang biasa membantu suaminya berkebun. Beberapa jenis tanaman yang dihasilkan dari Dusun Kalisoka adalah bahan pangan pertanian berupa sayur-sayuran, seperti kacang panjang, kangkung, kol, seledri, cabai, dan lain sebagainya.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Warga semakin antusias manakala diberikan hak kelola sementara tanah wakaf seluas 9.000 M2 dari PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta. Beberapa tanaman mulai dikembangkan di lahan baru tersebut, seperti jahe, pisang, kacang tanah, sampai singkong. Akhirnya, pada Senin (30/11) warga juga mendapatkan bibit pisang Raja Bulu sebanyak 150 bibit.

Ibu-ibu anggota KWT berbondong-bondong menyambut kedatangan bibit pisang dari PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta. Kebahagiaan terlihat dari raut muka mereka, pasalnya ibu-ibu anggota KWT Kalisoka ini memang sudah mengolah pisang menjadi keripik pisang. Beberapa di antaranya sudah dipasarkan di beberapa kios dan toko di daerah Kulonprogo.

Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial

Kulo mewakili ibu-ibu KWT ngaturaken maturnuwun, mugi-mugi dados amal kagem keluarga besar PPPA Daarul Qur’an, lan ugi damel kemajuanipun KWT Kalisoka  Aamiin.. - saya mewakili ibu-ibu KWT menghaturkan terima kasih, semoga menjadi amal untuk keluarga besar PPPA Daarul Qur’an, semoga juga menjadi perantara untuk majunya KWT Kalisoka ke depannya,” ucap Wajimin, ketua KWT Kalisoka saat menerima bantuan bibit pisang.

Harapannya, bibit pisang yang dikirimkan akan dapat memperkuat potensi yang dimiliki KWT Tani Maju dan warga Kalisoka menjadi semakin berdaya dan mandiri. Melalui program pemberdayaan masyarakat PPPA Daarul Qur’an akan terus berikhtiar menebar kasih sayang dakwah Al-Qur’an sebagai upaya membangun masyarakat berbasis tahfidzul Qur’an. 

Ilustrasi Maggot (Courtesy: mongabay.co.id)

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Maggot BSF mempunyai biomassa protein dan lemak tinggi. Protein yang bersumber dari maggot BSF lebih ekonomis, ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.