Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengadakan Pelatihan Kerajinan Tangan

Pelatihan Kerajianan Bersama Para Peserta
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) Kelompok 11 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan pelatihan kerajinan tangan dari barang bekas di Taman Bacaan Masyarakat HIPAPELNIS, Desa Kalimanggis Kulon, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Minggu, 10 Januari 2021.

Motor Bekas Merek Ini Jadi Primadona Anak Muda Ngabers, Harga Mulai Rp17 Jutaan

Barang bekas pakai biasanya langsung dibuang dan menjadi sampah yang menumpuk. Padahal, barang-barang tersebut dapat dijadikan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis dan memiliki daya guna.

Kerajinan tangan yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa bros berbentuk bunga, lap kain yang berbahan dasar kain perca, wadah alat tulis berbahan dasar botol bekas, serta bunga tangkai yang terbuat dari gelas plastik bekas.

Pertamina Tambah 14,4 Juta Tabung LPG 3 Kg Penuhi Kebutuhan Lebaran 2024

Kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari barang bekas dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dan diikuti oleh sejumlah warga Desa Kalimanggis Kulon yang terdiri dari para remaja dan ibu-ibu.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap ekonomi masyarakat serta upaya mengatasi tingkat pengangguran dengan menumbuhkan jiwa wirausaha kepada masyarakat”, ujar Nurmilatillah, salah satu anggota kelompok 72 KKN MIT XI, saat diwawancarai pada tanggal 10 Januari 2021.

Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

"Pelatihan kerjinan tangan sangat mendukung pendapatan UMKM yang ada di desa ini apalagi bahan yang digunakan berasal dari barang bekas yang minim modal" ujar Zaenal Muttaqin S. Pd., aktivis pergerakan masyarakat.

"Pembuatan bros bunga dari kain perca sangat mudah dibuat apalagi kain percanya sangat mudah didapatkan" ujar Aisyah, salah satu peserta pelatihan kerajinan tangan.

Prilly Latuconsina masak untuk Lebaran

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Artis Prilly Latuconsina beberapa waktu lalu menjadi perbincangan di media sosial lantaran kedapatan menggunakan gas LPG 3 Kg untuk memasak jelang hari raya Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.