Karantina Pertanian Patroli di 4 Wilayah Perbatasan

Petugas Karantina bersama satgas pamtas 642 Kapuas saat melaksanakan patroli di Entikong
Sumber :
  • vstory

Menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan pemasukan media pembawa HPHK dan OPTK ilegal yang membahayakan pertanian Indonesia, Karantina Pertanian Entikong melakukan Patroli Gabungan secara serentak di semua wilayah kerja yang meliputi empat Pos  Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Barat, diantaranya adalah PLBN Entikong, PLBN Aruk, PLBN Badau, dan PLB Jagoi Babang (20/1). Patroli darat tersebut dilaksanakan dalam rangka menegakkan aturan perkarantinaan.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Karantina pertanian Entikong, berkomitmen untuk menjaga garis perbatasan yang membentang lebih dari 900 Km di Kalimantan Barat, oleh karena itu pengawasan dilakukan dengan bersinergi bersama instansi terkait yaitu CIQ (Customs, Imigration, Quarantine), TNI (Satgas Pamtas 642 Kapuas dan Satgas Pamtas 407 Padmakusuma) serta Polri. Patroli dilakukan di jalur-jalur tidak resmi antara Indonesia dan Malaysia yang diduga sering dilalui pelintas batas secara ilegal untuk memasukan komoditas pertanian.

Menurut drh. Yongki Wahyu Setiawan, selaku Kepala Karantina Pertanian Entikong, patroli ini untuk mencegah masuk dan tersebarnya HPHK dan OPTK melalui media pembawa yang diselundupkan melewati jalur tidak resmi. Serta meningkatkan sinergitas antar istansi dalam fungsi pengawasan perbatasan dan menegakan aturan perkarantinaan yang diatur dalam UU 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Yongki dalam keterangannya menyampaikan, giat ini akan terus dilaksanakan, mengingat selama 2020 terjadi beberapa kali pemasukan produk pertanian ilegal, seperti ayam, burung kacer, sosis madu dan bibit tanaman. Berkat sinergitas yang baik dengan Satgas Pamtas 642 Kapuas, Satgas Pamtas 407 Padmakusuma serta instansi lainnya, produk pertanian tersebut berhasil digagalkan pemasukannya dan dimusnahkan sesuai aturan dan kaidah yang berlaku. 

"Wilayah perbatasan sangat luas, namun aturan perkarantinaan harus ditegakan. Dengan giat patroli gabungan ini, diharapkan akan semakin terjalin kerjasama di perbatasan dalam menjaga kedaulatan, sumber daya dan keanekaragaman hayati, serta dapat menegakan aturan perkarantinaan," tutup Yongki.

Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial
Ilustrasi Maggot (Courtesy: mongabay.co.id)

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Maggot BSF mempunyai biomassa protein dan lemak tinggi. Protein yang bersumber dari maggot BSF lebih ekonomis, ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.