Kekurangan dan Kelebihan Menanam Bonsai dari Benih

Bahan Bonsai di Alam sumber photo Pixabay
Sumber :
  • vstory

VIVA – Semua Bonsai dimulai dengan memilih spesies tanaman yang ingin dibentuk oleh seorang Pebonsai agar menjadi bentuk bonsai. Pohon dengan spesimen tertentu memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya cocok dan ideal untuk Bonsai. Untuk menampilkan tampilan Bonsai dalam waktu singkat, Bahan tanaman sering ditanam pada tempat Penampungan atau dikumpulkan dari alam liar.

Bonsai Mini Asal Bojonegoro Milik ASN Tembus Malaysia

Suatu spesimen dapat dipilih berdasarkan ciri-ciri Bonsai yang dimilikinya seperti spesimen dari alam yang sudah berumur atau tanaman ditempat persemaian yang lancip dan bebas bekas luka atau spesimen yang terkenal tahan banting.

Ciri-ciri bahan bonsai yang baik meliputi faktor-faktor seperti Karakter, tekstur kulit kayu, struktur cabang dan batang, perbedaan bentuk dan ukuran daun, dll. Perbanyakan atau Budidaya Bonsai yang baik harus memiliki ciri-ciri yang Cocok untuk konsep Bonsai, Dan ini melalui berbagai cara Budidaya berikut:

Begini Cara Membuat Bonsai yang Mudah Dipahami

Kelebihan Bididaya Bonsai dari Benih

Satu-satunya cara untuk menumbuhkan bonsai sejak awal adalah dengan menumbuhkannya dari biji, meskipun mungkin butuh waktu lama untuk tumbuh. Dua keuntungan dalam menanam pohon bonsai dari biji adalah

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak
  1. jenis pohon tertentu yang sulit ditemukan di alam dapat ditanam di rumah dengan harga yang relatif murah.
  2. setelah benih berkecambah dan pohon mulai tumbuh, penanam dapat mengontrol setiap aspek pohon, pada setiap tahap perkembangannya dan mengubahnya menjadi bonsai yang berkualitas.

Karena Bonsai dibuat dari pohon biasa, Maka Pasir biasanya menjadi media yang utama untuk menumbuhkan benih bahan Bonsai atau gambut yang dicampur dengan pasir untuk menumbuhkan bibit bonsai.

Kekurangan Menanam Bonsai Melalui Biji

Menanam bonsai dari biji adalah cara jangka panjang, di sisi lain ada cara yang jauh lebih cepat untuk membuat bonsai seperti menata dari persediaan pembibitan, membeli 'Bahan Bonsai Setengah Jadi' dari petani yang berpengalaman, atau mengumpulkan dari alam liar dan juga dari Cangkok.

Selain itu, Benih tidak selalu berkecambah dan bibit rentan terhadap segala macam masalah pertumbuhan dan membutuhkan Waktu yang sangat lama.

Walaupun cara di atas memiliki kekurangan dan kelebihan, kita sebaiknya mencoba dengan segala cara, dan rasakan setelah Kita mulai terbiasa dengan seninya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.