Penggunaan Media Sosial yang Baik dan Benar

Sosial media merupakan media yang digunakan untuk saling bersosialisasi dengan sesama pengguna melalui online.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Media sosial merupakan media yang digunakan untuk saling bersosialisasi dengan sesama pengguna melalui online. Yang penggunaannya bisa dikatakan tidak ada batasan ruang dan waktu.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Tentu saja pada zaman digital ini hal yang sulit menjadi mudah, yang tidak mungkin menjadi mungkin. Salah satunya media sosial yang dapat membantu kita saling menyapa dengan jarak jauh sekalipun. Tetapi di sisi lain semakin maraknya kejahatan yang dilakukan melalui media sosial ini.

Penggunaan sosial mediapun saat ini lebih dari sebagian masyarakat menggunakan media sosial dari kalangan anak kecil hingga dewasa, yang menjadikan hal sekecil apapun akan menjadi hal besar dalam media sosial. Sehingga dapat dikatakan banyak hal positif dan negatif yang kita dapatkan dari penggunaannya.           

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Salah satu contohnya dalam perkembangan media sosial ini yaitu cara bersosialisasi. Di mana kita menjadi sulit bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, menjadikan kita pribadi yang malas dalam berkomunikasi di dunia nyata.

Saat ini banyak sekali anak kecil yang sudah diberikan smartphone dengan dalih supaya mereka tidak rewel. Justru dengan diberikannya smartphone sejak dini akan menanamkan karakter dari anak tersebut. Sehingga kita sebagai orang dewasa harus bisa mengajarkan anak untuk tidak terbiasa dengan smartphone.

Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

Kemudian saat ini anak kecil sudah memiliki media sosial dan menggunakan media sosial tersebut oleh dirinya sendiri, tentu saja mereka belum bisa mengontrol dalam penggunaan media sosial tersebut, kita sebagai orang dewasa saja masih merasa ketergantungan dengan adanya media sosial. Sehingga penting bagi orang dewasa untuk mengedukasikan penggunaan media sosial sejak dini.

Kami sebagai Mahasiswa Universitas Nasional Prodi Ilmu Komunikasi yang peduli terhadap anak-anak dan perkembangan bangsa ini ingin membantu dalam mengedukasikan penggunaan media sosial kepada anak-anak yang diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 09 Desember 2021.

Dalam kegiatan kali ini kami akan menyampaikan beberapa materi yang berkaitan dengan segi baik dan buruknya dalam penggunaan media sosial dan bagaimana cara penggunaannya yang lebih bijak.

Diselenggarakannya kegiatan pada masa pandemi Covid-19 ini, tentu saja kami sudah mengikuti protokol kesehatan. Seluruh kegiatan ini diadakan dengan secara virtual  melalui aplikasi zoom.

Yang diikuti oleh anak remaja dari Yayasan Rumah Ramah Sejahtera dan beberapa Mahasiswa/i Komunikasi Universitas Nasional. Kegiatan ini dapat bimbingan langsung oleh Dosen Universitas Nasional Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si. selaku dosen mata kuliah Public Relations dan Management CSR..

Kegiatan berlangsung dengan kondusif dan anak-anak dari yayasan pun mengikuti kegiatan ini dengan serius dan aktif. Diawali dengan Pembukaan oleh host yaitu Yulia Nofitasari. Kemudian kata sambutan dari Ibu Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si. yang isinya berharap ilmu yang disampaikan oleh mahasiswa Universitas Nasional bermanfaat bagi anak-anak yayasan.

Kemudian tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada Yayasan yang sudah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan materi kepada anak-anak yayasan, tidak lupa juga menyampaikan beberapa pembahasan mengenai Media Sosial.

Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Yayasan Rumah Ramah Sejahtera yaitu Mutoharoh, kemudian penyampaian materi oleh Zulfa Genadila dan Rizky Alditya, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penutupan.

Di akhir acara diadakan dengan foto bersama secara virtual untuk dokumentasi dan kenang-kenangan oleh Hanif Hawari.

Tanggapan dari anak-anak yayasan pun sangat antusias meskipun sedikit malu-malu, Pipit pun menyampaikan, “Terima kasih sudah berbagi ilmu kepada kami, senang bisa belajar dari kakak kakak, jangan bosan main ke rumah ramah,” sambutnya.

Kemudian pengurus panti  Mutoharoh menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa sudah memberikan edukasi dan sudah merangkul anak-anak yayasan. Ia pun berharap ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat.

Menurut Hanif, mahasiswa UNAS “Anak-anak Yayasan Rumah Ramah Sejahtera pertama kali kenalan pun memang sudah dekat dengan kita langsung bercerita mengenai sekolahnya jadi sudah tidak canggung lagi Ketika melakukan kegiatan ini.

“Saya berharap kegiatan ini dan ilmu yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi semuanya, untuk ke depannya dan dapat disampaikan terhadap yang lainnya,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.