Begini Cara Seru untuk Nikmati Imlek

Ilustrasi Klenteng Hok Lay Kiong di Bekasi
Sumber :
  • Instragram/damarlelana

VIVA – Hai sobat ! Imlek sudah tinggal menghitung hari nih, sebagian besar masyarakat keturunan Tionghoa pasti sudah tidak sabar menantikannya. Akan tetapi, bukan hanya mereka yang keturunan Tionghoa saja loh yang bisa menikmati momen perayaan Tahun Baru Imlek melainkan kamu juga bisa untuk menikmati sederet momen perayaan yang meriah ini.

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

Dan kali ini zeropromosi akan memberikan beberapa ide dan cara seru untuk kamu menikmati moment Imlek. Penarasan ? Yuk langsung simak artikelnya sampai habis !

1. Menyantap Makanan Khas Imlek merupakan salah satu ide seru untuk nikmati moment imlek

Meriahkan Tahun Naga Kayu di Jakarta, Bank Mandiri Ajak Nasabah dan Mitra Rayakan Imlek

Sama halnya seperti perayaan lainnya, perayaan tahun baru Imlek juga memiliki banyak sekali ciri khas mulai dari dekorasi, tradisi dan tak lupa makanannya. Makanan yang ada saat imlek rasanya akan sangat disayangkan jika kamu tidak mencoba dan menyantapnya.

Jadi untuk menghabiskan momen Imlek, kamu juga bisa nih mencicipi aneka jenis makanan khas imlek. Ada banyak sekali makanan khas Imlek yang bisa kamu coba, seperti kue keranjang, telur teh, ikan bandeng, yu sheng dan masih banyak lagi.

Festival Imlek dan Cap Go Meh di Tabanan Bali Berlangsung Meriah

Kamu bisa membeli atau agar lebih seru kamu juga bisa mencari resep untuk memasaknya dan memakannya bersama dengan keluarga kamu. Jadi bukan cuma kamu aja nih yang ikut merasakan suasana Imlek tapi juga keluarga kamu.

2. Mengunjungi Kelenteng merupakan salah satu ide seru untuk nikmati momen imlek
Eits bukan hanya mereka yang akan beribadah saja loh yang bisa berkunjung ke kelenteng, tapi masyarakat umum juga bisa mengunjungi kelenteng yang merupakan tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tionghoa di Indonesia.

Di kelenteng kamu bisa banyak belajar tentang kebudayaan Tionghoa dan lainnya. Tapi ingat ya sobat, karena di hari Imlek pasti banyak orang yang akan beribadah maka kamu tidak boleh sampai menggangu kekhusyukkan orang yang sedang beribadah.

Kamu juga harus mengenakan pakaian yang sopan dan rapi ya sobat dan sebelum masuk kamu juga harus izin terlebih dahulu ya jangan main masuk masuk aja hehehe. Oh ya satu lagi nih sobat, di kelenteng kamu juga tidak boleh asal foto ya sobat, apalagi menggunakan flash karena bisa mengganggu mereka yang sedang ibadah.

Ada banyak kok kelenteng yang bisa kamu kunjungi, seperti Kelenteng Boen Tek Bio di Tangerang, kelenteng Kiu Lie Tong di Jakarta, kelenteng Xie Tian Gong di Bandung dan masih banyak lagi.

3. Menonton Pertunjukan Barongsai merupakan salah satu ide seru untuk nikmati moment imlek

Selain angpao dan warna merah, salah satu keunikan yang sangat identik dengan Imlek adalah adanya barongsai. Siapa sih yang gak tau barongsai yang menjadi simbol kebahagiaan, kegembiraan, dan kesejahteraan.

Pertunjukan barongsai biasanya banyak diadakan saat menjelang dan juga saat Imlek tiba di berbagai tempat mulai dari mall, acara festival dan masih banyak lagi. Menonton pertunjukan barongsai yang identik dengan berbagai macam atraksi melompat dengan lincah dan energik ini bisa menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan momen Imlek loh.

Selain seru dan terkadang menegangkan, kamu juga bisa mengetahui soal budaya Tiongkok ini lebih jauh lagi. Pasti seru banget deh.

4. Mengunjungi dan Mengeksplor Wisata Pecinan merupakan salah satu ide seru untuk nikmati momen imlek

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang budaya China atau Tiongkok, kamu bisa nih mengunjungi dan mengeksplor wisata pecinan atau kampung cina.

Pecinan atau kampung cina yang memiliki mayoritas warganya adalah masyarakat Tionghoa, sudah pasti di sana kamu akan menemui banyak hal menarik khas Tionghoa seperti jajan khas imlek, bangunan-bangunannya, hingga festival perayaan Imlek. Jadi di sana kamu akan lebih banyak belajar dan ikut merasakan suasana perayaan Imlek deh, seru banget kan.

5. Menyaksikan Kembang Api merupakan salah satu ide seru untuk nikmati momen imlek

Bukan hanya saat pergantian tahun baru masehi, pergantian tahun baru Imlek juga sangat identik dengan petasan dan kembang api loh sobat. Bahkan petasan api menjadi salah satu benda yang ikonik saat Imlek, banyak petasan mulai dari asli hingga hiasan yang dijual menjelang perayaan Imlek.

Dan pastinya pada saat pergantian tahun baru Imlek akan banyak masyarakat yang menyalakan kembang api dan bahkan ada juga loh yang mengadakan festival dan petunjukan kembang api. Untuk ikut serta memeriahkan momen imlek, kamu juga bisa nih ikut menyaksikan pertunjukan kembang api cantik saat Imlek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.