6 Mitos Umum Power Bank yang Ternyata Salah Kaprah

Mitos dan Rumor Salah Kaprah Tentang Powerbank
Sumber :
  • vstory

VIVA – Hai sobat! Seiring dengan semakin majunya teknologi zaman sekarang membuat penggunaan gadget dan smartphone semakin meningkat, begitu juga dengan penggunaan powerbank sebagai sumber daya baterai alternatif yang bisa digunakan dengan mudah di manapun dan kapanpun.

A Power Bank Explodes on AirAsia Flight in Thailand

Banyaknya penggunaan powerbank ternyata membuat banyak juga mitos penggunaan powerbank bertebaran. Sebagai pengguna powerbank, kali ini zeropromosi akan memberitahukan apa saja sih mitos penggunaan powerbank yang ternyata kurang tepat dan salah. Yuk simak pembahasannya di artikel berikut ini!

1. Jika Menggunakan Power bank, Harus Mengisi Daya Baterai Smartphone Hingga 100%
Hayooo siapa nih yang pernah denger ini atau justru kasih saran ke orang lain seperti ini? Kamu mugkin pernah atau bahkan sering mendengar bahwa jika ingin mencharger smartphone menggunakan power bank itu harus sampai full 100% karena jika hanya setengahnya saja atau tidak full, nanti kekuatan maksimal power bank pun akan berkurang.

Mencekam! Power Bank Meledak di Pesawat AirAsia, Menteri Thailand Ikut Panik

Ternyata hal ini gak bener loh sobat, atau bisa dibilang ini tuh mitos. Kamu tenang aja dan ga perlu mencharger smartphone kamu sampai full kok, soalnya portable charger ini tidak memiliki teknologi untuk mengingat seberapa besar daya yang biasa kamu sedot darinya.

Jadi meskipun kamu gak mencharge smartphone kamu sampai full, kekuatan power bank akan terus sama ketika digunakan. Tapi kamu juga harus ingat ya, kalau setiap barang elektronik yang kita gunakan lama-kelamaan pasti akan berkurang tingkat kerjanya seiring dengan penggunaan dan bagaimana cara kita dalam menggunakannya.

Harga Power Bank Ini Rp5 Jutaan, Bisa untuk Microwave

2. Terlalu Sering Gunakan Powerbank Bisa Merusak Smartphone
Kamu pasti udah ga asing lagi nih sama pernyataan yang satu ini, bahkan mimin udah sering banget denger pernyataan ini dari temen-temen dan orang sekitar. Dan karena salah satu hal dan mitos ini lah yang membuat banyak orang jadi enggan dan ragu untuk menggunakan powerbank, padahal mereka membutuhkannya.

Kamu harus tau nih, kalau pernyataan ini juga tidak benar alias mitos karena pada umumnya power bank itu sama dengan charger biasa menggunakan stop kontak. Tapi memang ada hal penting yang harus kamu perhatikan saat menggunakan powerbank sehingga tidak akan merusak smartphone ataupun powerbanknya.

Nah, hal-hal penting yang harus kamu perhatikan adalah dimulai dengan jangan lakukan overcharging, volt pada powerbank mu juga harus sesuai dan minimal atau idealnya adalah 5V, dan yang terakhir kamu juga harus memastikan bahwa powerbank yang kamu gunakan itu powerbank yang bukan abal-abal atau asli dan juga terjamin kualitasnya.

Apalagi kan sekarang udah banyak yang jual powerbank, mulai dari harga murah hingga yang mahal. Kamu jangangampag tergiur dengan harga murah ya tapi kamu harus pastikan kualitas dan keasliaannya.

Kalo bisa sih kamu beli power bank dengan merk yang memang sudah terjamin dan di tempat yang terpercaya seperti di Zeropromosi. Karena Zeropromosi merupakan salah satu tempat yang menyediakan berabagai jenis powerbank dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi. Jadi ga perlu ragu lagi deh buat pake powerbank.

3. Memainkan Smartphone yang Sedang Dicharge dengan Powerbank Akan Merusak Keduanya
Alasan mengapa banyak orang lebih memilih untuk menggunakan powerbank adalah karena smartphone dan gadget yang sedang di charger menggunakan powerbank bisa sambil dimainkan.

Tapi banyak juga yang bilang bahwa memainkan smartphone yang sedang di charger menggunakan powerbank itu bisa merusak smartphone dan juga powerbank. Ini tidak benar ya sobat dan keduanya tidak akan rusak, hanya saja mungkin mungkin tindakan ini bisa mengakibatkan smartphone dan powerbank overheating dan proses pengisian daya akan lebih lama.

4. Daya Baterai yang Masuk ke Smartphone akan Cepat Habis
Banyak juga nih yang bilang kalo kita charger smartphonenya pake powerbank, nanti sama aja baterainya bakalan cepat abis dan low. Hal ini tidak berlaku jika kamu menggunakan powerbank dengan kualitas tinggi dan bagus yaa sobat.

Karena itu tergantung dengan power bank yang kamu gunakan, jika kamu gunakan powerbank yang berkualitas tinggi hal ini tidak akan terjadi karena umumnya power bank yang berkualitas memiliki power charging yang setara dengan charger biasa. Jadi kamu ga perlu khawatir baterai smartphone dan gadget kamu menjadi boros dan cepat habis.

5. Powerbank Dilarang Masuk Pesawat
Hmm sobat zero pasti sering banget nih denger kalimat ini, powerbank gak boleh dibawa kedalam pesawat. Ini ga bener loh sobat, karena kamu masih tetap bisa bawa power bank kedalam pesawat dengan beberapa ketentuan dari pihak maskapai.

Seperti misalnya Power bank dengan ukuran di bawah 100 Wh aman untuk dibawa dalam bagasi kabin, lalu power bank yang memiliki ukuran 100 hingga 160 Wh harus lapor ke maskapai yang bersangkutan untuk mendapatkan persetujuan boleh atau tidaknya, dan yang terakhir power bank yang ukurannya di atas 160 Wh tidak boleh untuk dibawa selama penerbangan.

Jadi, kamu masih tetap bisa membawa power bank ya sobat tapi sesuai dengan ketentuan yang ada.

6. Powerbank Gampang Meledak
Ada yang pernah atau sering denger mitos yang satu ini ? Yups pernyataan ini mitos ya guys. Karena berdasarkan fakta yang ada, kejadian ini sangat jarang ditemukan. Kalaupun ada itu berarti powerbank yang digunakan adalah powerbank yang memiliki kualitas rendah.

Jadi sekali lagi mimin ingetin ke sobat zero, usahakan gunakan powerbank yang punya kualitas tinggi ya. Mungkin mereka akan mengalami overheating tapi itu tidak akan menyebabkan powerbank meledak kok. Dan overheating itu sendiri juga berdasarkan dengan bagaimana cara kita ketika menggunakan powerbank, seperti misal menyimpan di bawah bantal hingga over charging bisa menyebabkan powerbank menjadi overheating.

Demikian itulah beberapa mitos yang tidak benar atau salah kaprah yang wajib banget kamu ketahui. Jadi gimana sobat? Udah berapa banyak mitos di atas yang selama ini kamu percaya? Sekarang kamu jadi lebih paham kan tentang powerbank dan ternyata lumayan banyak juga ya mitos nya yang tidak benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.