5 Tips Mudah Kelola Keuangan di Tengah Pandemi

Ilustrasi uang.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Di tengah new normal dan pandemi membuat setiap orang memiliki tantangannya tersendiri terutama untuk mengelola keuangan. Di masa yang sulit ini menjadikan kita harus lebih pandai lagi dalam mengelola keuangan, apalagi sudah banyak perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Untuk mengantisipasi hal buruk yang terjadi, kali ini zeropromosi akan memberikan beberapa tips ampuh dan mudah yang bisa kamu coba agar bisa mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. Yuk langsung simak tipsnya di artikel berikut ini !

1. Cek dan Evaluasi Sumber Penghasilan Kamu
Hal pertama yang penting dan bisa kamu lakukan untuk memulai perencanaan dan mengelola keuangan dengan lebih baik lagi di masa pandemi adalah kamu bisa coba cek, evaluasi dan ketahui dari mana saja kamu mendapatkan pemasukan atau penghasilan.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Bahuri Pernah Minta Uang Rp50 Miliar

Tentunya kamu juga harus membuat rincian pemasukan dan juga pengeluaran kamu di masa pandemi ini, dari sini kamu bisa mengetahui seberapa banyak pemasukan dan juga pengeluaran kamu tiap bulannya. Dengan begitu kamu juga akan mngetahui bagaimana kondisi finansial kamu di masa pandemi.

Kamu harus ingat bahwa di masa pandemi seperti sekarang ini penghasilan atau pemasukan kamu bisa saja berubah tanpa diketahui kapan waktunya. Jadi gunakanlah penghasilan kamu dengan sebaik mungkin, buatlah pos-pos atau catatan keperluan yang memang sangat penting untuk didahulukan. Misalnya tabungan, dana darurat dan lain sebagainya.

Eks Ajudan SYL Akui 2 Kali Beri Hadiah Jam Tangan Mahal ke Ketua Komisi IV DPR RI

2. Buat dan Susun Anggaran Dengan Skala Prioritas 
Setelah kamu mengetahui dan mengevaluasi pendapatan dan penghasilan kamu saat ini, kamu juga harus membuat dan menyusun anggaran untuk tiap bulannya. Usahakan buat dan susunlah anggaran sesuai dengan apa yang menjadi prioritas atau harus diutamakan.

Tidak akan sulit ko untuk membuat daftar dan menyusun anggaran jika kamu sudah mengetahui kondisi keuanganmu, utamakan yang paling penting dan memang menjadi kebutuhan kamu ya. Sesuaikan anggaran untuk tiap keperluan mu seperti untuk membeli keperluan sehari-hari, membayar tagihan seperti tempat tinggal, air, listrik, dan hal penting lainnya.

Ingat ya dimasa pandemi kamu harus mengedepankan kebutuhan daripada keinginan, jangan sampai kamu membuang uang untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat untuk kamu ya. Jika ada uang lebih setelah kamu buat susunan anggaran nya, kamu bisa simpan uangnya untuk dana darurat atau tabungan. Lebih bermanfaat dan kamu juga lebih hemat deh.

3. Jangan Gunakan Sistem Cicilan Saat Belanja
Seperti yang sudah mimin bilang sebelumnya bahwa di masa pandemi seperti sekarang ini perubahan penghasilan atau pendapatan sangat mungkin terjadi kapan saja, jadi akan jauh lebih baik jika kamu tidak menggunakan sistem cicilan atau kredit saat membeli sesuatu.

Usahakan simpan atau kalau bisa sembunyikan deh tuh kartu kredit kamu supaya kamu ga khilaf pas ada promo atau yang lainnya hehe. Tidak apa jika kamu menunda dan menunggu terlebih dahulu untuk membeli sesuatu yang kamu mau, akan lebih baik jika kamu menyimpan uang tersebut untuk membeli sesuatu yang lebih penting di kemudian hari. Emang kamu mau saat udah beli barang dengan menggunakan sistem cicilan atau kredit, eh tiba-tiba penghasilan mu dikurangi dan akhirnya keuangan kamu jadi berantakan.

4. Cari Penghasilan Tambahan
Di masa pandemi tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mencari penghasilan tambahan, entah itu jualan online atau menjadi reseller dan banyak lagi. Hal ini tentu akan membantu kamu dan keuangan kamu jika sewaktu-waktu kamu akan mengalami perubahan di pekerjaan mu.

Dengan penghasilan tambahan yang kamu dapatkan, kamu juga bisa menambah tabungan dan membuat keuangan kamu lebih stabil. Banyak loh usaha yang bisa kamu coba di saat pandemi ini, jadi jangan malu dan jangan menyerah ya sobat.

5. Simpan Dana Darurat dan Tabungan 
Di masa pandemi sangat penting untuk kita mengurangi untuk membeli sesuatu yang terbilang kurang penting dan lebih baik untuk menyimpannya untuk tabungan dan juga dana darurat.

Dana darurat akan sangat kamu perlukan bukan hanya saat di tengah pandemi saja tapi juga disaat yang mendesak. Jadi jangan lupa untuk mengalokasikan penghasilan mu untuk tabungan dana darurat ya.

Nah, sobat zeropromosi itu tadi adalah beberapa tips mudah yang bisa kamu coba untuk mengelola keuangan kamu dengan lebih baik di masa pandemi seperti sekarang. Kamu harus benar-benar bijak dalam menggunakan uang ya sobat. Jadi, meskipun sedang di masa yang agak sulit ini keuangan kamu akan tetap baik dan terkontrol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.