Minaqu Home Nature akan Ekspor Tanaman Senilai Rp2,3 Triliun

Acara Tani On Stage, Kantor Kementerian Pertanian RI (09/04)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Minaqu Home Nature, selaku eksportir tanaman hias di Bogor membuat kontrak dengan sejumlah distributor di 6 negara di 3 Benua, untuk mensukseskan program Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) Kementerian Pertanian.

10 Tanaman yang Bisa Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Penandatanganan kesepakatan ini langsung dilakukan CEO Minaqu Home Nature Ade Wardhana Adinata secara Virtual dengan 7 buyer dan disaksikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di acara Tani On Stage, Kantor Kementerian Pertanian (09/04).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam sambutan virtualnya menyatakan, bersyukur dengan adanya kontrak kerjasama ini karena terlihat potensi pertanian Indonesia di mata negara lain.

Sosok Mang Uprit, Pria yang Marah Edelweiss Rawa di Ranca Upas Hancur Digilas Trail

“Allah memberikan anugerah dan keberkahan untuk Pertanian Indonesia dengan potensi alam dan variasi sumberdaya tanamannya. Tugas kita adalah terus mengupayakan dan meningkatkan nilai tambah potensi alam Indonesia, sehingga pertanian Indonesia lebih maju, semakin mandiri dan modern. Saya sangat mengapresiasi langkah Ade bersama tim Minaqu Indonesia dan para petani milenial lainnya, untuk memajukan potensi tanaman hias di tanah air. Karena apa yang dilakukan oleh Ade dalam mengembangkan dan meningkatkan potensi florikultura Indonesia, Produk pertanian Indonesia semakin dilirik oleh negara-negara luar menjadi salah satu produk unggulan ekspor,” jelas Mentan.

Sementara Ade Wardhana selaku CEO Minaqu Home Nature menyatakan, pihaknya akan mengekspor 15 Juta tanaman hias senilai Rp2.3 Triliun ke 6 Negara yakni Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Korea Selatan dan Siprus dengan konsep pemberdayaan petani milenial tanaman hias.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Lepas Ekspor Tanaman Hias

"Alhamdulillah konsep pemberdayaan kami dengan diawali pendirian pasar tanaman hias terbesar di Bogor, kami lanjut dengan langkah konkret yaitu ekspor tanaman hias ke berbagai negara," ujar Ade.

Nantinya konsep yang ditawarkan Minaqu Home Nature ini adalah, dengan memberikan bibit tanaman hias kepada petani untuk diperbanyak terlebih dahulu yang selanjutnya diekspor.

Selain bantuan berupa bibit, Minaqu Home Nature juga akan mengerahkan para tenaga ahlinya untuk membimbing dan membuatkan sarana greenhouse.

"Kami targetkan 3 bulan ke depan bisa panen kemudian kami ekspor ke 6 negara. Harapannya tentu saja bisa meningkatkan sektor ekonomi dan mengharumkan nama Indonesia tentang potensi tanaman hias," pungkas Ade.

Ade menambahkan, disrupsi teknologi digital saat ini membuat penjualan tanaman hias dari Indonesia mulai mendapat tempat dari penggemar di luar negeri.

"Berbeda dengan zaman dahulu kita kesulitan menembus pasar global. Kalau sekarang kan tinggal foto, upload dan maintenance para pelanggan, clear. Nah kita
tidak ingin momen ini lewat begitu saja. Apalagi sekarang serba dipermudah termasuk oleh pemerintah " sambung Ade.

Syahrul menambahkan bahwa dunia pertanian bisa menjadi solusi ekonomi di tengah kondisi pandemi. Menteri bahkan ingin melihat secara langsung bagaimana pengiriman ekspor tanaman hias bisa sampai ke buyer atau pemesan di 6 negara tersebut.

"Pilihannya tidak ada lain, harus melompat membuat pertanian pilihan yang lebih baik dan akan kita tingkatkan lagi.Tentu saja saya mau ikuti ke tempat itu. Kalau seperti ini rakyat bisa senyum, pasti presiden akan senyum, " tutur Syahrul.

Selain dengan 6 Negara, Minaqu Home Nature juga melakukan penandatanganan dengan Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto untuk Pengembangan Kampung Holtikultura berbasis Florikultura berorientasi Ekspor.

Nantinya program ekspor tanaman hias ini, pihak Minaqu Home Nature akan dibantu oleh Bank BNI untuk memberikan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada penerima turut hadir di acara ini Eny Tanzil Pemimpin BNI SKC Bogor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.