6 Sikap Tanda Kamu Penerus Kartini

Memperingati Hari Kartini
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

VIVA – Hai sobat! Tepat tanggal 21 April masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Kartini. Siapa sih yang gak kenal sama pahlawan nasional yang satu ini, sosoknya yang cerdas dan berani membuat banyak orang terutama perempuan Indonesia terinspirasi dan ingin seperti dirinya.

Ini Alasan Megawati Usung Ganjar Capres PDIP Tepat di Hari Kartini

Nah, biar kamu bisa menjadi penerus Kartini di era modern, kali ini zeropromosi akan memberikan ciri dan tanda jika kamu adalah penerus Kartini yang sesungguhnya. Penasaran apa aja tandanya ? Yuk simak artikelnya sampai habis!

1. Memiliki Budi Pekerti Yang Baik
Hal yang paling utama yang senantiasa tertanam dalam diri seorang Kartini adalah memiliki budi pekerti yang baik dalam segala hal. Budi pekerti adalah sebuah sikap di mana akan terbentuk dalam benak setiap orang dengan sendirinya yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ciptakan Dunia Kerja yang Inklusif Bagi Para Srikandi DJKI

Mungkin kebanyakan orang belum begitu paham bagaimana budi pekerti yang baik, apalagi dengan semakin canggihnya teknologi membuat banyak orang bahkan anak-anak bisa dengan mudah mendapatkan informasi dari media online sehingga peran orangtua sangatlah penting untuk membentuk karakter mereka.

Budi pekerti juga dapat diasosiasikan dengan moral, etika, akhlak mulia, tata krama, dan sopan santun. Seperti yang kita tau, semasa hidupnya Kartini memiliki sikap yang sangat ramah dan sopan serta akhlaknya yang baik. Apalagi Kartini juga terlahir di keluarga bangsawan yang pastinya sangat menekankan untuk berperilaku baik.

Agar Mudah Gapai Impian, Perempuan Wajib Miliki 3 Hal Ini

Eits, ini bukan berarti Kartini berperilaku seperti itu karena tuntutan keluarga ya sobat, tapi karena budi pekerti memang ditanamkan sejak dini dan lingkungan terdekat seperti keluarga lah yang menjadi penentu karakter seseorang.

Budi pekerti yang baik memiliki peran penting lho dalam kehidupan, dengan budi pekerti yang baik akan memberikan keseimbangan dan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat. Oleh karena itu jika kamu memiliki tanda yang satu ini, itu artinya kamu adalah penerus Kartini yang sesungguhnya.

2. Mandiri dan Tangguh
Meskipun terlahir di keluarga bangsawan tak membuat Kartini menjadi perempuan yang manja loh sobat, Kartini justru tumbuh menjadi peremuan yang mandiri di segala situasi. Kartini mampu menyelesaikan setiap permasalahnnya sendiri, bahkan Kartini juga membantu menyelesaikan permasalahan perempuan Indonesia lainnya dengan memperjuangkan emansipasi wanita, keren banget kan.

Nah, jika kamu termasuk perempuan yang cenderung mampu menyelesaikan masalah sendiri tanpa harus merepotkan orang lain, maka kamu bisa dikatakan sebagai penerus Kartini yang sesungguhnya. Karena Kartini sesunguhnya adalah ia yang tidak mudah putus asa ketika berusaha sehingga tidak mungkin jika ia merepotkan orang lain hanya untuk menyelesaikan masalahnya.

Bukan hanya perihal masalah, Kartini sesungguhnya juga merupakan perempuan tangguh yang mampu berdiri di atas kakinya sendiri dalam segala kondisi. Mandiri dan tangguh bukan berarti gengsi untuk meminta bantuan ya sobat, melainkan sifat pantang menyerah dan mau untuk terus berusaha tanpa harus merepotkan orang lain.

3. Berwawasan Luas
Meskipun tidak bisa melanjutkan sekolahnya, hal ini tidak membuat Kartini putus asa dan berleha-leha loh sobat. Kartini justru jadi jauh lebih semangat untuk belajar dan mencari ilmu baru lewat membaca buku, koran, majalah dan banyak lagi. Kartini tetap tumbuh menjadi perempuan cerdas yang berwawasan, bahkan Kartini juga menguasai bahasa belanda loh.

Sifat inilah yang wajib ditiru oleh perempuan Indonesia masa kini, bukan hanya sekedar belajar dan memiliki gelar tapi perempuan Indonesia harus memiliki wawasan yang luas. Apalagi di zaman sekarang wawasan luas sangatlah diperlukan. Jadi, sudahkah kamu menjadi Kartini yang berwawasan ?

4. Berani Bermimpi dan Ambil Risiko
Siapa sih yang tidak tau akan mimpi-mimpi besar sang Kartini yang begitu mulia. Meskipun tidak melanjutkan sekolah, Kartini tetap berprinsip dan berani untuk memiliki mimpi yang besar seperti memajukan perempuan Indonesia dengan memperjuangkan segala hak dan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki.

Bukan hanya berani bermimpi, Kartini juga berani mengambil risiko loh sobat, meskipun ia ditentang oleh banyak orang tapi ia tidak menyerah untuk menggapai mimpinya.

Nah, kalau kamu gimana nih ? Udah berani memiliki mimpi belum? Sobat zero harus tau nih, memiliki mimpi besar itu tidak masalah asalkan kamu juga mau berusahaa untuk mencapainya.

Kartini masa kini itu harus lah berprinsip, jika punya mimpi maka kamu harus berusaha untuk mewujudkan mimpi tersebut. Karena kamu harus percaya bahwa setiap usaha yang kamu lakukan pasti akan membuahkan hasil, seperti pepatah bilang “Hasil tidak akan mengkhianati usaha”. Artinya apapun yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan mencapai hasil yang gemilang.

5. Selalu Produktif Untuk Menghasilkan Karya
Hayo siapa nih yang masih suka males-malesan di rumah? Untuk membuktikan kalau kamu memang seorang penerus Kartini yang sesungguhnya itu bukan hanya memiliki wawasan dan potensi aja, tapi juga mampu mengelola dan memanfaatkan waktunya dengan baik.

Kartini modern itu harus bisa berperilaku produktif yang artinya mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk dapat menghasilkan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan imajinatif. Eits jangan salah ya sobat, orang produktif itu beda dengan orang sibuk. Jika orang sibuk cenderung melakukan banyak hal, sedangkan orang yang produktif cenderung fokus terhadap satu pekerjaan dan tujuannya sehingga mampu menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik.

Seorang penerus Kartini yang produktif juga tidak ssuka menunda dan membuang waktunya loh sobat, Penerus Kartini akan selalu menikmati setiap proses sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas dan berkualitas. Yang suka rebahan dan bilang gabut yuk bangun dulu, coba liat kerjaannya udah kelar belum nih haha.

6. Berprinsip dan Inspiratif
Seorang Kartini milenial pastinya merupakan seorang perempuan dengan prinsip hidup yang kuat. Dengan prinsip yang dipegang teguh tentu akan membuat hidup terasa lebih teratur dan memiliki tujuan yang jelas. Apalagi dengan ketangguhan nya Kartini milenial juga mampu memberikan inspirasi kepada perempuan Indonesia lainnya. Bukan hanya perempuan tapi juga semua orang yang ada di sekitarnya.

Nah sobat zeropromosi, jika dilihat dari setiap kisah perjalanan hidup R.A. Kartini itulah beberapa tanda jika kamu adalah sosok penerus Kartini yang sesungguhnya. Jadi, tanda yang mana nih yang udah ada dalam diri kamu ? Kalau belum yuk tetap semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, percaya deh kalau ada kemauan dan usaha, apapun keinginan kamu pasti bisa tercapai termasuk dengan meneruskan perjuangan R.A. Kartini.

Walaupun tidak bisa sama dengan apa yang Kartini lakukan, setidaknya kita sebagai perempuan Indonesia sudah berusaha untuk terus menanamkan semangat perjuangan memajukan bangsa di dalam diri kita sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.