Gunung Merapi Luncurkan Lava Pijar Sebanyak 14 Kali

Erupsi Gunung Merapi
Sumber :
  • vstory

VIVA Gunung merapi kembali meluncurkan lava pijar pada Jumat malam, luncuran awan panas sebanyak 14x ini memiliki jarak luncur 1,5 - 1,9 km yang mengarah ke arah Barat Daya atau ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Detik-detik luncuran awan panas yang telah mati di puncak Gunung Merapi dan terekam oleh kamera pemantau milik Badan Geologi dan Induk Frekom Yogyakarta pada Jumat malam.

Semburan awan panas dari kubah lava yang berada disisi barat puncak Gunung Merapi ini kembali terjadi, setelah pada Jumat siang terjadi sebuah semburan awan panas yang juga mengarah ke Barat Daya.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Erupsi yang terjadi kali ini tercatat sebanyak 14x dengan jarak luncur antara sejauh 1,5 - 1,9 km yang mengarak ke arah Barat Daya atau ke Kabupaten Magelang.

Meskipun fase erupsi atau peningkatan aktivitas Gunung Merapi yang sudah berjalan sejak awal bulan Januari 2020. Namun, hingga kini status Gunung Merapi masih berada pada status siaga level 3. Selama periode tersebut, terlihat kepulan asap putih dengan intensitas sedang dan tingginya mencapai 50 meter kurang lebih.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Potensi bahaya yang diakibatkan oleh kejadian ini, meliputi luncuran lava pijar dan awan panas yang setinggi 50 meter yang mengarah ke arah Kabupaten Magelang, Jawa timur. Selain itu, bisa saja terjadi sebuah letusan yang dapat menyebabkan terjadinya sebuah lontaran material vulkanik yang dapat menjangkau radius 3 km dari puncak Gunung Merapi.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.