Pro dan Kontra Mendengarkan Musik Dapat Menstimulus Otak

Ilustrasi gambar pro dan kontra dampak mendengarkan musik bagi otak. (Foto/pin.it/MUs8Gcc)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Musik merupakan bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera individu. Kebanyakan orang merasakan tenang atau damai saat mendengarkan musik.

Berkarya dengan Cinta, Terry Persembahan Lagu Istimewa dalam Hawa Surga

Berdasarkan penelitian, musik mempunyai efek stimulus terhadap pendengarnya sehingga pendengar dapat lebih bergairah dan bersemangat dalam melakukan pekerjaannya.

Seringkali musik yang dapat membantu kerja otak adalah musik klasik. Sebaliknya, hip-hop merupakan musik yang dapat mengganggu konsentrasi dalam bekerja dikarenakan temponya yang cepat serta beatnya yang menghentak. Pada dasarnya apapun genrenya, selama ada aspek musical yang secara kuat menarik perhatian, maka dapat membantu maupun mengganggu konsentrasi.

SMASH Anniversary ke-14 Penampilannya Bikin Kaget Fans, Bisma: Kami Tidak Tenggelam

Dampak positif dari mendengarkan musik adalah dapat membuat mood untuk belajar lebih baik, mengurangi stress pada proses pembelajaran. Mendengarkan musik juga merupakan salah satu metode efektif untuk membuat proses pembelajaran lebih enjoy dan menikmati proses pembelajaran.

Pada sisi kontra, banyak yang tidak bisa mendengarkan musik sambil belajar dikarenakan faktor voume musik. Walaupun tidak disebutkan dengan pasti level volume yang dipakai di beberapa orang, namun sangat besar kemungkinan bahwa volume yang dipakai terlalu keras sehingga menimbulkan efek mengganggu.

BIG RECORDS ASIA dan JQ COMPOSEY Rilis Lagu Selamat Lebaran by CEVKEVIN, Tonjolkan Vibes Indie Band

Setiap genre musik punya karakternya tersendiri. Meskipun setiap musik di dalam suatu genre memiliki variasi karakternya masing-masing, namun tentunya ada karakter umum yang dimiliki oleh musik dalam suatu genre. Semakin tinggi intensitas suatu musik, semakin tinggi pula potensinya untuk mengganggu berlangsungnya proses belajar.

Musik memang dapat mempengaruhi gelombang otak dan neuro? fisiologis tubuh manusia yang bila diguna? kan dalam proses belajar memberikan hasil yang positif.

Dapat lebih meningkatkan konsentrasi, merekatkan ingatan materi pelajaran, membuat suasana lebih rileks dan gembira, dan akhirnya dapat mempe? ngaruhi performa untuk mendapatkan nilai tes yang lebih tinggi. (Zakiatul Masithoh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.