Ibas Usut Kendala Utama Para UMKM dalam Disertasinya

Edhie Baskoro Yudhoyono dinyatakan lulus dari promosi doktor Manajemen Bisnis IPB
Sumber :
  • vstory

VIVA - Edhie Baskoro Yudhoyono baru saja dinyatakan lulus dari promosi doktor Manajemen Bisnis IPB. Kelulusan Ibas, nama sapaan EBY, disahkan setelah pemaparan disertasinya yang berjudul “Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu yang Berkelanjutan dan Inklusif”. 

Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII

Dalam disertasinya, dijelaskan bahwa pemilihan disertasi dengan topik pengembangan pariwisata terpadu disebabkan oleh belum ada studi yang secara khusus mengkaji strategi pembiayaan dan investasi untuk pengembangan pariwisata terpadu, inklusif, dan berkelanjutan, terutama strategi yang berbasis pada data-data empiris dan pemodelan statistik. Lebih lanjut, dalam disertasinya Ibas menerangkan lima tujuan dari hasil penelitiannya.

Tujuan pertama, mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan memetakan kendala yang dihadapi jenis usaha. Kedua, menganalisis kinerja keuangan para pelaku usaha. Ketiga, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pelaku usaha. Keempat, menganalisis estimasi dampak pariwisata terhadap perekonomian dan kesejahteraan. Kelima, merumuskan strategi pembiayaan dan investasi yang sesuai untuk pariwisata terpadu yang berkelanjutan dan inklusif di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo. 

Edhie Baskoro Yudhoyono Berjaya di Dapil Jatim VII, Raih Lebih dari 300 Ribu Suara

Untuk pengambilan data, Ibas menyebutkan bahwa data dalam penelitian ini diperolehnya dari hasil wawancara menggunakan kuesioner terhadap 221 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kemudian, dirinya juga melibatkan 12 narasumber pakar yang terdiri dari pemangku kebijakan, perbankan, akademisi dan asosiasi tingkat nasional. Tidak hanya itu, untuk memastikan hasil penelitiannya dapat dipertanggungjawabkan, beberapa data juga diambilnya dari beberapa instansi resmi pemerintah di tingkat pusat maupun daerah.

Dari tayangan presentasinya, Ibas menerangkan bahwa pemanfaatan data dalam penelitian dilakukan dengan saksama. Data primer misalnya, dimanfaatkan untuk pemetaan usaha guna mendapatkan gambaran mengenai karakteristik usaha, aspek finansial, kemitraan dan organisasi, serta adopsi teknologi. Data primer juga membantu Ibas dalam pemetaan kendala yang dihadapi, mencakup aspek teknis, ekonomi, sosial, dan lingkungan. 

SBY-Ibas Nyoblos di Pacitan, AHY-Annisa Pohan di Cipete Jaksel

Dalam tayangan yang sama, lebih lanjut Ibas menerangkan bahwa penyertaan aspek inklusi keuangan, kemitraan, dan organisasi, serta adopsi teknologi dilakukan sebagai upaya meningkatkan pendapatan usaha di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo.

“Kawasan Pariwisata Labuan Bajo yang inklusif dapat dicapai melalui peningkatan investasi, tidak hanya mengandalkan pembiayaan pemerintah melalui APBN dan APBD. Kemudian, strategi pembiayaan dan investasi yang sesuai untuk pengembangan pariwisata terpadu yang berkelanjutan dan inklusif di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo disusun dengan melibatkan pendapat para pakar dan pemangku kebijakan,” terang Ibas.

Ditemani Ibas, AHY Rapat Perdana Bareng Komisi II DPR

Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri undangan rapat perdana dengan Komisi II DPR RI, Senin, 25 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.