5 Kebiasaan Daerah Sunda yang Membuat Betah Berkunjung

Salah satu jajanan yang berasal dari daerah Sunda.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Indonesia terdiri dari berbagai macam agama dan suku bangsa, termasuk dari itu adalah Suku Sunda atau sering disebut dengan sebutan 'Urang Sunda'.

5 Etnis Terbesar di Asia Tenggara, Jawa Menduduki Peringkat Pertama?

Suku ini berasal dari bagian barat pulau Jawa. Adapun wilayahnya mencakup wilayah barat Jawa Tengah (Banyumasan), Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan Lampung.

Urang Sunda dikenal sebagai suku yang mudah membuat orang jatuh hati karena kebiasaan-kebiasaan unik yang mereka miliki, di antaranya:

Indikator Politik Ungkap Masyarakat Jawa Cenderung Coblos Prabowo-Gibran di Pilpres

1. Ada Kata 'Teh' di Setiap Ucapan

Kalau sedang berbincang dengan orang Sunda, jangan keliru ambil minum ketika mereka mengucapkan kata 'teh'.

5 Wilayah di Indonesia yang Banyak Dihuni Gadis Cantik

Kata ini memang familiiar di lidah mereka. Bahkan pernah sebuah iklan televisi menggunakan kata ini sebagai bumbu humor dalam iklannya.

2. Kuliner yang Terkenal

Bagi Anda yang merupakan pecinta kuliner, barangkali perlu mencicipi makanan-makanan khas Sunda.

Kuliner yang berasal dari Sunda sangat terkenal dan memiliki nama yang unik, seperti misalnya cilok, cireng, dan combro.

3. Logat Bicara yang Halus

Bahasa "Punten" yang sering terdengar di telinga kita adalah berasal dari Sunda. Bagi orang yang pernah berinteraksi dengan mereka, pasti bisa merasakan bahwa logat bicara mereka sangat halus. Bahkan, bisa dikata bahwa gaya bicara mereka terkesan romantis.

Meski memiliki nama-nama aneh seperti itu, soal rasa ternyata juga dapat membuat lidah puas.

4. Murah Senyum dan Memiliki Kesopanan yang Tinggi

Saling menghargai sesama adalah prinsip hidup dan budaya yang mereka miliki. Oleh karena itu, sikap mereka kepada orang lain terlihat sopan, contohnya memberi sapaan kepada orang lain meskipun tidak mengenalnya sering mereka lakukan.

5. Memiliki Rasa Humor yang Tinggi

Bagi Anda yang sering menonton acara komedi di televisi, Anda mungkin familiar dengan seorang pelawak yang dikenal dengan nama Sule.

Sule berasal dari Sunda dan memang rata-rata orang Sunda memiliki sifat seperti Sule, yaitu humoris. Bahkan ketika mereka sedang marah, mereka terlihat seakan-akan sedang melawak karena sifat itu.

Itulah kebiasaan orang Sunda yang membuat orang lain merasa betah tinggal di tempat ini. Bagaimana, ingin mengunjungi daerah Sunda?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.