Pemimpin Ideal di Era Milenial, Inilah Sosoknya!

Sosialisasi Ganjar Pranowo kepada para pedagang di Pasar Magelang mengenai 6 langkah mencuci tangan. (instagram /ganjar_pranowo)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dengan tuntutan zaman yang semakin beraneka ragam, memilih pemimpin yang ideal menjadi suatu keharusan bagi seluruh masyarakat. Terjaminnya kesejahteraan dan pengembangan daerah menjadi tujuan utama dalam memilih pemimpin ideal.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Lantas, bagaimana kita bisa membedakan pemimpin ideal dan bukan? Pemimpin yang ideal adalah mereka yang berintegritas tinggi, mengutamakan kepentingan orang banyak diatas kepentingan pribadi, dan tidak tergantung pada peran, karakter, atau sifat kepribadian siapapun.

Sosok pemimpin ideal kerap dikaitkan dengan generasi milenial yang dinilai memiliki syarat-syarat sebagai pemimpin ideal di tengah perubahan zaman. Memang untuk saat ini, pemimpin milenial tengah menjadi sorotan di masyarakat, tidak terkecuali sosok yang sering disapa Ganjar, yang merupakan Gubernur Jawa Tengah.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Di bawah kepemimpinannya, Ganjar berhasil membawa perubahan besar bagi Jawa Tengah, seperti apa faktanya? Mari simak ulasan berikut!

Sektor swasta menjadi saksi keberhasilan Ganjar dalam menjaga integritasnya. Ganjar telah memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam menjadi pembicara terkait permasalahan sumber daya dan nilai-nilai integritas. Hal inilah yang membentuk Ganjar memiliki integritas yang baik ketika menjadi pemimpin di sektor publik, sebagai seorang Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Baru-baru ini, Ganjar diundang oleh PT Integrated Services Solutions (ISS) Indonesia untuk berbagi pengalamannya tentang pentingnya integritas. Di hadapan 130 orang terkemuka, beliau berbicara tentang sulitnya mempraktikkan kejujuran dalam segala aspek kehidupan.

Dengan perhatiannya di sektor swasta, apakah Ganjar Pranowo melupakan tugas utamanya sebagai seorang Gubernur? Tentu tidak, sebagai seorang gubernur, Ganjar tetap menjalankan tanggung jawabnya di sektor publik.

Ganjar terus meningkatkan infrastruktur di Jawa Tengah sebagai bentuk perhatiannya dalam menjalin hubungan antara pemerintah pusat dan daerah. Selain itu, Ganjar juga berhasil mengembangkan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sebagaimana hal ini dapat dijadikan investasi dalam membangun karismatik.

Dengan tipe kepemimpinan tersebut, Ganjar merupakan pemimpin yang proaktif dan berpihak pada masyarakat dengan inovasi yang dibuatnya. Salah satu bentuk inovasi yang dibuat Ganjar adalah program “35 Juta Masker untuk Jawa Tengah”.

Program ini dibuat sebagai bentuk upaya Ganjar mengajak masyarakat mulai dari penjahit, pengusaha konveksi, tekstil, hingga designer di Jawa Tengah membuat masker kain murah, sebagaimana harga masker melonjak naik pada saat itu. Dengan kemampuan yang dimilikinya, Ganjar memiliki kepemimpinan yang cukup kuat dan dapat menjadi teladan bagi para pemimpin lain.

Tidak hanya itu, Ganjar juga merupakan sosok pemimpin yang komunikatif, tentu saja sebagai seorang pemimpin, Ganjar Pranowo memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ganjar memiliki cara komunikasi yang mudah dipahami dan dapat membuat masyarakatnya merasa nyaman. Sebagaimana cara komunikasi yang dilakukan Ganjar dapat menyesuaikan kondisi dan kebiasaan masyarakat.

Akan tetapi, salah satu masalah yang masih terjadi di masa kepemimpinan Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah adalah angka kemiskinan yang masih belum bisa dikendalikan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi Ganjar di masa jabatannya periode keduanya saat ini. Sehingga diharapkan permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Di lain sisi, kesuksesan Ganjar dalam memimpin Jawa Tengah terus dikaitkan dengan pesta demokrasi yang akan bergulir di tahun 2024 mendatang. Menurut survei Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dilakukan pada tanggal 23-28 Mei 2021 silam, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas yang tinggi dibandingkan nama-nama lain, termasuk Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Tentu saja berdasarkan fakta-fakta dan model kepemimpinan yang dimilikinya, tidak heran jika Ganjar berhasil membuat namanya melambung di masyarakat. Dengan kondisi seperti ini, bukan tidak mungkin Puan Maharani akan kalah dengan kader partai yang sama dengan dirinya. Seperti yang kita tahu, nama Ganjar Pranowo telah tertanam di hati masyarakat Indonesia sebagai pemimpin milenial berkat aksi dan kepemimpinannya yang menginspirasi.

Lantas, bagaimana kesempatan Ganjar Pranowo dalam pemilu 2024? Ganjar berpeluang besar menjadi salah satu nama yang ada pada pemilihan presiden tahun 2024, namanya akan terus semakin dikenal masyarakat seiring aksi-aksinya dalam memimpin Jawa Tengah.

Belum lagi jika Ganjar Pranowo berpasangan dengan nama lain yang juga tidak kalah dikenal oleh masyarakat, seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno. Sehingga hal ini tentu saja akan semakin mempersulit para lawan politik Ganjar Pranowo, tak terkecuali sosok Puan Maharani.

Walaupun Puan Maharani memiliki nama besar dan jabatan yang kuat di partai maupun pemerintahan, beliau dinilai belum cukup kuat untuk mengalahkan Ganjar Pranowo, perlu usaha dan pembuktian ekstra darinya dalam waktu tiga tahun ke depan untuk mengalahkan Ganjar Pranowo. (Indira Pramesthi Nurulita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.