Mulailah Berinvestasi dari Sejak Dini

Ilustrasi menabung.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menabung adalah salah satu kegiatan menyisihkan sedikit uang kita yang di simpan untuk keperluan di masa depan. Lalu, tahukan kalian apa pentingnya menabung sejak dini? Kegiatan menabung memang sudah di lakukan oleh banyak orang di luaran sana. Di jaman dulu, orang-orang menabung hanya menyimpan uangnya di bawah lemari atau di brangkas-brangkas saja.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Teknologi sudah semakin canggih, orang-orang sudah semakin pintar, kini ungkapan menabung di ubah menjadi berinvestasi. Berinvestasi sejak dini, memang harus di terapkan oleh pamuda-pemudi Indonesia, agar dapat mengurangi kemiskinan yang ada di negeri ini.

Investasi adalah kegiatan menyimpan dana dengan periode yang di tentukan dengan harapan penyimpan tersebut akan menjadikan keuntungan yang besar di kemudian hari. Mengenai hal investasi, seperti yang dilansirkan situs resmi libera.id ada beberapa jenis investasi terbaik di dunia yang memiliki keuntungan besar, di antara nya :

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

1.  Saham

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang sudah di kenal oleh masyarakat Indonesia. Jika anda seorang investor dan membeli sebuah saham di salah satu perusahaan, maka anda adalah pemegang saham tersebut dan berhak memperoleh hak atas deviden sebesar presentase saham yang anda miliki di perusahaan tersebut.

Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

2.  Reksa Dana

Pengertian reksa dana dapat di temui di dalam UU No. 8/1995 tentang pasar modal. Yang artinya adalah wadah yang di pergunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat sebagai pemodal yang selanjutnya akan di investasikan oleh manajer investasi.

Saat ini, reksa dana adalah investasi yang paling cocok untuk pemula, investasi ini sangat mudah di pahami oleh kalangan masyarakat, masyarakat dapat mulai berinvestasi di reksa dana hanya dengan modal Rp. 100.000,- Reksa dana adalah investasi jangka panjang dan lebih aman di bandingkan saham.

3.  Deposito Berjangka

Deposito berjangka ini termasuk dalam investasi, dimana anda sebagai investor menitipkan uang anda dalam kurun waktu minimal 3 bulan hingga 12 bulan, dimana jika anda mencairkan uang anda sebelum jatuh tempo, akan di kenakan penalti oleh bank.  

4.  Asuransi

Asuransi penting bukan hanya untuk melindungi pribadi, tetapi juga dapat melindungi keluarga, aset pribadi seperti rumah, mobil, motor dan lainnya. Asuransi dapat digunakan sebagai salah satu investasi. Asuransi yang umum di gunakan sebagai investasi adalah asuransi jiwa dan jenis investasi ini adalah investasi jangka panjang.

5.  Emas dan Logam Mulia

Sebagai investor pemula, emas dan logam mulia termasuk investasi klasik yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. Investasi ini banyak sekali di minati oleh masyarakat, baik dari kalangan bawah, menengah hingga atas.

Jenis investasi ini termasuk investasi jangka panjang, dimana harga emas dan logam mulia akan terus bertambah peningkatan nya yang di sebabkan oleh respon-respon terhadap kejadian tertentu. Itulah beberapa jenis investasi yang anda, sebagai pemula dapat pilih, mari berinvestasi, Indonesia maju, Indonesia jaya, kita sejahtera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.