4 Tips Terbaik untuk Menemukan Kebocoran Atap

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menemukan kebocoran atap seringkali bisa menjadi tugas yang sulit. Anda mungkin tahu betul bahwa Anda memiliki kebocoran tetapi sebenarnya menemukan kebocoran dapat menghindari Anda. Jika Anda tahu bahwa atap Anda bocor, tetapi Anda tidak yakin dari mana air masuk, ada beberapa hal yang dapat Anda coba.

Gegara Bocah Main Petasan, Kap Mesin Mobil BMW X1 Terbakar

Menemukan kebocoran sangat penting untuk memperbaikinya dan memastikan bahwa rumah Anda terlindungi dari kerusakan air lebih lanjut. Berikut adalah 5 tips teratas untuk menemukan kebocoran atap.

1. Anda harus mulai dengan mencari penetrasi di atap Anda. Hal-hal yang menyebabkan kejenuhan adalah alasan paling umum untuk atap bocor. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan penetrasi di atap Anda termasuk cerobong asap, atap, ventilasi atap dan barang-barang lainnya yang masuk melalui atap Anda. Periksa di sekitar barang-barang ini untuk melihat apakah Anda melihat kebocoran. Perhatikan baik-baik di sekitar benda penyelidik dan beberapa kaki di setiap sisinya untuk mencari sumber kebocoran Anda.

KSAD: Proses Ganti Rugi Pascaledakan Gudang Amunisi sedang Berlangsung

2. Anda juga bisa masuk ke loteng jika Anda memilikinya dan mengambil senter untuk menemukan jamur atau noda air. Jika Anda tidak memiliki loteng maka Anda mungkin ingin pergi langsung ke atap untuk mencari sumber masalah Anda.

3. Naik ke atap adalah metode paling andal untuk menemukan kebocoran. Tentu saja, Anda tidak dapat menentukan di mana kebocoran atap kecuali Anda tahu ke mana air mengalir dan untuk itu, Anda membutuhkan air. Anda mungkin tidak ingin melakukan tugas ini selama badai hujan, jadi mengambil selang taman ke atap adalah hal terbaik berikutnya.

Respons PT SMF soal Janji Prabowo Bangun 3 Juta Rumah per Tahun

Anda akan ingin memulai dari tepi luar atap dan menutupi atap dengan air dari selang. Bergerak ke atas dan ke bawah atap dalam beberapa bagian, luangkan waktu yang cukup untuk setiap bagian untuk melihat apakah ada air yang bocor ke rumah Anda.

 Anda mungkin memerlukan seseorang bersama Anda selama langkah ini untuk membantu memeriksa bagian dalam rumah Anda untuk kebocoran air tambahan.

4. Sebagian besar kebocoran atap dimulai di sekitar flashing. Flashing tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk dan harus diperiksa secara teratur untuk memastikan terhadap kebocoran. Ada beberapa jenis kedipan dan kedipan pipa yang merupakan masalah umum dengan kebocoran atap. 

Luangkan waktu untuk memeriksa kedipan ventilasi secara menyeluruh untuk memastikan tidak menyebabkan kebocoran. Kebanyakan kebocoran atap mudah diperbaiki dan banyak juga yang sangat murah. Jika Anda tidak dapat menemukan sumber kebocoran atau Anda yakin bahwa memperbaiki atap adalah pekerjaan yang tidak dapat Anda tangani, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Jauh lebih baik untuk membayar sedikit lebih banyak untuk pekerjaan profesional daripada mengambil risiko kerusakan air di rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.