Perluas Imajinasi Siswa TK dengan Wayang Bertema Profesi

Foto Tim KKN UM Desa Bunutwetan bersama Kepala Sekolah (Baju Orange) dan Dewan Guru TK Muslimat Al-Hidayat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tim kelompok KKN Universitas Negeri Malang (UM) Reguler Non Blok Desa Bunutwetan, kecamatan Pakis, kabupaten Malang melaksanakan kegiatan program kerja pertamanya di TK Muslimat Al-Hidayat pada Kamis, 17 Juni 2021 dengan program kerja “Pengenalan Profesi”.

Asosiasi Kesehatan Harap Capres-Cawapres Fokus Pada Isu Kesehatan

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan. Tim kelompok KKN Desa Bunutwetan menggunakan metode wayang profesi dan juga permainan tebak gambar, untuk memperkenalkan beragam profesi kepada siswa TK Muslimat Al-Hidayat, Desa Bunutwetan.

Bersama anggota tim Ulfi Wahyuning Rohmah, dibantu tujuh mahasiswa tim KKN Desa Bunutwetan lainnya telah melaksanakan program kerja pengenalan profesi melalui beberapa tahapan. Tahap pertama diawali dengan pengkondisian siswa oleh guru kelas diluar ruangan, lalu berdo’a.

Polri Buka Rekrutmen SIPSS untuk Lulusan D4, S1, S2

Selanjutnya kegiatan pemaparan beraneka profesi melalui pemeragaan wayang profesi yang dilakukan oleh anggota tim KKN Desa Bunutwetan. Di tengah-tengah kegiatan ada beberapa siswa yang menyampaikan kepada salah satu anggota tim KKN UM Desa Bunutwetan mengenai cita-cita mereka kedepannya. “Nanti kalau sudah besar saya ingin menjadi Tentara” kata Affan. Seorang siswi juga mengucapkan bahwa dia ingin menjadi guru, “Saya ingin menjadi seperti kakak, menjadi guru”.

Tahap kedua berupa permainan tebak gambar mengenai macam-macam profesi. Kegiatan berlangsung dengan meriah, siswa TK sangat antusias menebak gambar-gambar yang disajikan. Banyak siswa yang menjawab belum sampai 5 detik dan akhirnya mereka serempak ikut menghitung mundur waktu yang tersisa. Siswa-siswi TK Muslimat Al-Hidayat kelompok B ini hampir 95% sudah dapat berthitung, membaca dan menulis dengan lancar.

10 Pria Paling Tampan di Dunia, Nomor 1 Ian Somerhalder

Proses pembelajaran dengan metode wayang-wayangan dan tebak gambar ini dinilai sangat efektif dan sudah sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia TK “Metode yang digunakan sudah tepat, sudah dapat mengaktifkan siswa baik dalam aspek kognitif, afektif dan juga psikomotoriknya. Terimakasih banyak kegiatan yang diadakan sangat membantu kami. Saya do’akan kalian nanti sukses semua” ujar kepala sekolah TK Muslimat Al-Hidayat kepada tim KKN. Tim KKN UM Desa Bunutwetan juga mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah dan juga siswa-siswi kelompok B yang telah membantu mensukseskan kegiatan program kerja “Pengenalan Profesi” dengan baik.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Bunutwetan, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur.

Ilustrasi mulai merencanakan bisnis wirausaha

Cara Sun Life Indonesia Dorong Generasi Muda Jadi Entrepreneur di Industri Asuransi

Perubahan konsep entrepreneur pun menciptakan pergeseran paradigma serta perspektif, mengenai cara memperoleh penghasilan dan penghidupan di kalangan anak muda.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.