Ketua Forum Rektor: Penguatan Riset dan Inovasi untuk Atasi COVID-19

Prof Arif Satria, Ketua Forum Rektor Indonesia (Foto/Biro Komunikasi IPB University)
Sumber :
  • vstory

VIVAForum Rektor Indonesia (FRI) mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama - sama mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dalam penanganan pandemi COVID-19. Penanganan pandemi COVID-19 sebagai krisis multi-dimensi tidaklah mudah, diperlukan keterpaduan visi dan kolaborasi lintas-pihak dan sektor.
 
Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan terjadinya krisis multidimensional yang memunculkan berbagai persoalan dan tantangan baik lokal, nasional maupun global, juga di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, politik, dan keamanan.

Usai Kunker ke 3 Negara ASEAN, Jokowi Beri Arahan ke Forum Rektor Indonesia

“Kami mengapresiasi langkah-langkah konkret perguruan tinggi dalam membantu mengatasi pandemi COVID-19 selama ini,” ujar Prof Arif Satria, Ketua Forum Rektor Indonesia.

“Pengambilan kebijakan publik dalam penanganan pandemi COVID-19 harus dilakukan berbasis pada ilmu pengetahuan (scientific/evidence based policy), terutama dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan dampak pandemi, sehingga dapat memberikan jaminan perlindungan kesehatan dan keselamatan masyarakat sekaligus mampu menjalani kehidupan ekonomi dan sosial dengan baik.” Jelas Prof Arif Satria dalam keterangannya, Selasa (27/7).

Rektor Unair Jadi Ketua Forum Rektor Indonesia 2022-2023

Arif mengatakan pentingnya penguatan riset dan inovasi untuk mengatasi pandemi Covid-19 merupakan keniscayaan.

Oleh karena itu FRI berpandangan bahwa pemerintah perlu mempercepat penataan kelembagaan riset dengan penguatan sinergi Kemdikbudristek dan BRIN, khususnya dalam : (a) desain peta jalan riset nasional yang komprehensif dengan sinergi lembaga riset pemerintah, lembaga riset swasta, perguruan tinggi, dan dunia usaha, (b) memperkuat resources sharing antarlembaga, dan (c) mendorong penguatan jejaring internasional dengan membentuk konsorsium riset internasional, agar bangsa ini terus berada pada tema-tema riset terdepan, memperkuat SDM periset, sekaligus meningkatkan reputasi riset Indonesia di kancah global.

Forum Rektor: RUU Sisdiknas Harus Komprehensif

Selain itu, Pemerintah juga perlu mempercepat hilirisasi inovasi yang sudah dihasilkan oleh berbagai Perguruan Tinggi dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19. Hilirisasi inovasi ini juga penting sebagai upaya untuk mengurangi impor dan meningkatkan daya saing dari produk-produk Indonesia di pasar dunia

Arif juga menyampaikan FRI mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang terus melakukan sejumlah upaya perbaikan dalam memperkuat berbagai program perlindungan sosialnya untuk menangani dampak krisis pandemi COVID-19.

Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Juanda untuk bertemu Forum Rektor Indonesia

Sebut Perguruan Tinggi Sebagai Lembaga Riset, Jokowi Perintahkan BRIN Soal Ini

Presiden Joko Widodo mengatakan perguruan tinggi memiliki tugas menjadi lembaga riset. Maka dari itu Presiden Jokowi memerintahkan BRIN untuk jadi orkrestrator penelitian

img_title
VIVA.co.id
15 Januari 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.