Targetkan 1.000 Santri Tervaksinasi, BIN: Tetap Jaga Prokes

BIN bekerjasama dengan Dinkes Karawang dan DPW LDII Jabar gelar vaksinasi .
Sumber :
  • vstory

VIVA – Karawang (4/8). Badan Intelijen Negara (BIN) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dan DPW LDII Jawa Barat menggelar vaksinasi masal. Vaksinasi itu digelar di Ponpes Sumber Barokah Karawang dengan target 1.000 santri, Senin (2/8).

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

Pemerintah menargetkan 70 persen herd immunity, pelajar dan santri merupakan sasaran utamanya agar kegiatan belajar tatap muka dapat berjalan. Stafsus KaBIN Pusat Mayjen Purn TNI Suyanto, menyebut sekitar 1.000 santri menjadi target vaksinasi masal dan sebelum divaksin, mereka dites antigen terlebih dulu. 

“Meski sudah divaksin, adik-adik tetap jaga protokol kesehatan. Jangan lengah dan terapkan 3M; pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sehingga adik-adik bisa menjaga diri dari penularan Covid-19 bersama-sama. Syukur 600 lebih yang sudah swab antigen hasilnya negatif,” tuturnya.

Kasus Demam Berdarah Meningkat, Kapan Vaksin DBD Siap?

Sesuai arahan Presiden Jokowi, BIN melaksanakan kegiatan vaksinasi di seluruh Indonesia. Salah satu yang menjadi sasaran BIN yaitu anak berusia 12-17 tahun di lingkungan pondok pesantren. 

“Ponpes Sumber Barokah ini cocok untuk melakukan vaksinasi. Pengadaan vaksninasi di pesantren, harapannya program pendidikan bisa dilakukan dengan tatap muka bersama sekolah. Selama ini kita melakukan pembelajaran dengan cara daring,” kata Mayjen Purn TNI Suyanto.

Targetkan Nol Kematian Akibat Dengue di 2030, Kemenkes Siapkan 19 Ribu Vaksin DBD

Sementara itu, hadir juga Ketua DPP LDII H. Rully Kuswahyudi, ia menuturkan saat beraudiensi di Istana Bogor, Presiden Jokowi memberi amanat kapada DPP LDII supaya turut membantu percepatan kegiatan vaksinasi di daerah-daerah. 

“Melalui instruksi DPP LDII, pengurus DPW dan DPD agar berkoordinasi dengan Kodam, Polda dan Dinkes untuk melakukan vaksinasi di daerah masing-masing. Secara simbolis pada 14 Juni kami sudah mulai melakukan vaksinasi di Ponpes Minhaajurrosyidin, Jakarta Timur. Sekitar 1.000 orang yang menjadi target per hari. Kini, sudah berlangsung vaksin dosis kedua," ucapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPW LDII Jabar drg. H. Dicky Harun mengapresiasi kepada BIN, Ponpes Sumber Barokah Karawang binaan LDII dipercaya sebagai pelaksana dari kegiatan tersebut. Selain itu, DPW LDII Jabar akan melaksanakan vaksinasi pada 5-15 Agustus 2021 dengan target 1.500 peserta.

“Harapannya, semua warga LDII bisa tervaksin dan ikut menjadi pahlawan kemanusiaan, ikut memutus penyebaran Covid -19, bangsa kita menjadi sehat dan menjadi bangsa yang maju,” tutupnya.

Ketua Ponpes Sumber Barokah Karawang, Ir. KH. Mustaghfirin mengatakan sebelumnya, Ponpes telah bersinergi dengan Dinkes Karawang dalam memvaksinasi keluarga besar pondok pesantren baik para guru dan lansia.“Hari ini alhamdulillah melalui kerja sama dan bantuan BIN, dilaksanakan vaksinasi untuk 1.000 santri,” tuturnya. 

Di tempat yang sama, dr. Yayuk Sri Rahayu menghimbau kepada peserta yang telah divaksin untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. "Vaksin tidak menjamin kebal terhadap infeksi Covid-19, namun efektif mengurangi dampak buruknya," katanya

Ia juga menegaskan bila vaksin Sinovac yang digunakan ini, aman bagi santri berusia 12 tahun ke atas aman. “Jangan khawatir untuk vaksin karena vaksin aman, vaksin sehat,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.