FKY 2021 Ikut Bantu Promosikan UMKM di Masa Pandemi

Program FKY 2021 untuk membantu promosi para pelaku UMKM.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Walaupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih diperpanjang. Pelaksanaan Festival Kebudayaan Yogyakarta atau yang sering disebut dengan istilah FKY, juga akan terus diselenggarakan. Acara rutin tahunan ini sudah masuk dalam kegiatan nasional yang tentunya ditunggu tunggu masyarakat disetiap perhelatannya, khususnya bagi anak muda yang tinggal di Yogyakarta.

Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

FKY merupakan kegiatan yang dimulai tahun 1989 dengan nama Festival Kesenian Yogyakarta, kemudian pada tahun 2019 berubah nama menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta,  kegiatan dengan konsep mengemas kesenian dan kebudayaan ini memberi ruang dan tempat bagi seniman dan budayawan di Yogyakarta untuk berkreasi dan berkarya, dan tentunya menjadi sajian menarik bagi masyarakat. 

Selain terus mengembangkan program digitalisasi kebudayaan, FKY tahun ini juga turut membantu promosi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Saling mBantu Jualan atau disingkat ‘Sambatan’, menjadi nama program baru FKY 2021 untuk mengajak para pelaku UMKM Ekonomi Kreatif tetap bertahan dan bangkit bersama dengan cara memanfaatkan potensi digital salah satunya sosial media. FKY tahun ini masih akan diselenggarakan secara daring (online), mulai tanggal 16 September hingga 7 Oktober 2021 dengan mengusung tema “Mereka Rekam”.

Pelaku UMKM Beri Hadiah Kalung untuk Istri Sandiaga Nur Asia

Landung salah satu tim program Sambatan FKY 2021, menjelaskan upaya turut mempromosikan produk UMKM tersebut sebagai bentuk dukungan festival ini kepada pelaku UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19. Selama ini, sebelum adanya Covid-19 peran UMKM Ekonomi Kreatif sangat penting bagi setiap perhelatan FKY. Orang akan datang ke festival ini selain melihat pertunjukan kesenian dan kebudayaan, juga berburu produk kreatif dan kulinernya. Inilah peran sekaligus upaya yang bisa dilakukan FKY 2021 dengan membuka ruang promosi bagi UMKM melalui media sosial yang mereka punya.

"Kami memposting secara gratis, mempromosikan produk-produk UMKM di Yogyakarta. Kebetulan pasar FKY itu kebanyakan anak muda, followers media sosial juga lumayan banyak. Pelaku UMKM dapat mendaftarkan produknya, yang lolos kurasi akan diposting di instagram @oleholehfky dan di highlight di media sosial dan website FKY." katanya.

DBS Indonesia Gandeng CARInih Bangun Ekosisten Digital UMKM

Hanya, menurutnya, tidak semua produk UMKM bisa di unggah (posting). Pihak program Sambatan FKY 2021 mengutamakan produk yang kreatif serta dapat dilakukan transaksi online dan dikirim melalui jasa ojek online maupun kurir ekspedisi.

"Kami mengutamakan UMKM yang transaksinya bisa dilakukan online, pembayarannya juga melalui online, seperti QRIS, transfer ataupun lainnya. Karena selama pandemi ini kita juga harus menyesuaikan cara jualanya, serba online." lanjutnya.

Dia menjelaskan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 banyak pelaku UMKM ekonomi kreatif di Yogyakarta yang sangat terdampak. Dia mengharapkan upaya turut mempromosikan produk UMKM ekonomi kreatif dapat membantu para pelaku UMKM yang tergabung dalam program ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.