New Money Revolution: Bersilang Cara Dapatkan Kekayaan

Cara dapatkan uang banyak.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Artikel ini adalah cerita dan uraian pengalaman bersekutu. Bersekutu adalah bersilang. Bersilang itu adalah cara komunikasi paling efektif. Misal, anda berbicara dengan orang lain, biasanya timbul masalah.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Ketika Anda bermaksud baik pun lawan bicara belum tentu menerima. Istilah psikologinya komunikasi Parent to child. Mereka lawan bicara kesal dan berontak.

Oleh karena itu, harus dengan cara dibalik, child to parent. Misalnya gunakan kata maaf. Ini menghormati lawan bicara. Setelah terjadi interaksi Adult to adult, kemudian sampaikan pesan anda gunakan komunikasi Parent to child.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Oleh karena itu, tujuan bersekutu adalah bersilang. Kenapa? Ya bilamana kita sejenis, kata pepatah mengatakan burung yang bulunya sama, akan terbang bersama.

Misal, Anda lihat kecenderungan orang berkumpul paguyuban kristen, atau pengajian. Apakah itu salah? Tentu tidak. Namun, pemimpin tidak hanya berkumpul, namun mengadakan aliansi sekutu dengan pihak yang berbeda.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Kenapa? Ketika Anda bekerja Anda dilarang berkomunikasi dengan kompetitor, namun CEO ternyata malah bikin asosiasi. Seperti Yamaha dan Honda, So klin dan Rinso.

Mengapa begitu? Karena sifat kuasa atau power adalah priviledge, keistimewaan. Oleh karena itu, pemimpin tidak membagi kuasanya. Namun, dia cenderung membatasi kuasanya, dengan cara sekutu aliansi dengan pihak luar.

Misalnya, Kapolres tidak bersekutu dengan staffnya. Tapi bersekutu dengan Pengusaha.

Oleh karena bersekutu itu di antara kaum istimewa, pemegang kuasa birokrat, bersekutu dengan pemegang kapital, pengusaha. Bersilang.

Pegawai kantoran

Pegawai kantoran

KENAPA masyarakat mengalami kelangkaan uang? Dasar dari uang adalah kuasa. Sifat kuasa = bersekutu.

BERSEKUTU inilah yang tidak dipahami. Misal ada orang yang ahli multimedia dia sering membuat video acara seminar. Kerjanya luar biasa kenal banyak konglomerat, tapi tidak ada sekutu.

SEKUTU itu kalau bahasa Denmark nya bersilang. Tidak ada sekutu kaya-kaya. Jaranglah, yang sering kaya-miskin. Muslim-non muslim. Kok?

Iyalah.

Saya bicara dengan dirut RS. mereka mayoritas merasa semua RS ditunggak BPJS. Tidak disadari bahwa ada sekutu. Bersilang. Pantesan sampai memutih rambutku tidak akan ketemu.

SALAH persepsi orang yang paling mengecoh adalah Rich dad berpikir Investasi. TIDAK.

RICH DAD menjalin sekutu.
TUJUAN sekutu adalah aliansi berinteraksi membangun aliansi.

Nah, aliansi itu tidak melulu melibatkan transaksi.

MISAL, satu grup besar Rich dad terkaya melindungi monopoli industrinya (misal pasar monopolinya kategory A) dengan cara membangun opini bahwa arah pertumbuhan pasar perusahaan ke arah yang baru, dikampanyekan Brand brand baru bermunculan yaitu kategori B.

JADI seolah olah dibentuklah sekutu dengan perusahaan kategori B ini. Misalnya kita mewakili perusahaan B ini. Seolah olah ada kedekatan hubungan intensif dalam kategori B ini, katakan sweetener, makanan sehat semacam rendah gula, anti diabetes, susu bayi, dll. Padahal aliansi sekutu ini tujuannya adalah pengalihan. Atau deception.

TAPI seolah olah nyata, hubungan kedekatan, dan interaksinya sungguh nyata.

Ini salah satu bentuk aliansi. Sekutu. Lebih detail dijelaskan karakter dan ciri ciri bersekutu.

Loh, bagi saya, apa gunanya sekutu pengalihan ini? Yah, namanya kita bersekutu ya kita berbagi power kuasa. Setelah kuasa kita punya ya dengan demikian kita punya power. Power ini miriplah dengan *kuasa jabatan* atau credential atau atribute yang bisa dipakai.

ORANG awam bisa terheran heran masak Rich dad terkaya di Indonesia membangun sekutu dengan org biasa rakyat seperti saya?

ENTAHLAH

Kadang sekutu itu prinsip bersilang. kita miskin dengan Rich dad yang puluhan trilyun kekayaannya.

Memang sulit dijelaskan karena prinsip sekutu itu aliansi strategis tapi karena kita yang pihak beruntung maka kita bagikan buku. Sebagai balasan atas pahala yang kita terima. Sehingga secara alam nature kita tidak berutang budi kepada pribadi lagi toh kita ikhlaskan untuk rakyat juga.

KENAPA BANYAK ORANG PINTAR TIDAK MENDAPATKAN KUASA?

KARENA orang pintar menggunakan kepintarannya untuk spesialisasi keahliannya. Satuan ukurannya adalah talenta. Bakat.

Sedangkan Kekuasaan adalah priviledge. Keistimewaan, hak istimewa seorang pemimpin, satuan ukurannya adalah trust. Unit satuan interaksi bersekutu bukan uang, ukurannya bukan jabatan, tapi Trust. Kepercayaan.

Mengapa?

Karena dasar Kuasa adalah raison de etre. Atau alasan berdirinya sebuah organisasi. Kenapa dibentuk organisasi. Kunci rahasia Rasion de etre adalah Kelemahan. Bila kelemahan tersebut tidak dilindungi maka organisasi bubar.

Jalur komunikasi atau media komunikasi trust adalah interest, kepentingan.

Kerja bos dan bawahan itu berbeda.

Kerja bos dan bawahan itu berbeda.

Ada seorang penulis, yang sangat handal, namun dia tidak menangkap trust dari owner, karena tidak mengerti interest owner. Sampai pensiun pun dia terus dengan skill keahliannya, tapi tidak menangkap interest owner. Sehingga tidak mendapatkan power. Karena tidak ada komunikasi trust.

 MEDIA INTEREST

Interest owner itu bukan profit, bukan sales, bukan semua namun melindungi barier entry.

Cara melindungi barier entry adalah:
1.Membangun sekutu oligopoli.
Namanya sekutu oligopoli sifatnya rahasia. Kalau terbuka namanya asosiasi atau perhimpunan. Sebuah oligopoli dilakukan dengan sekutu aliansi strategis.
2.Membangun proteksi. Sebuah oligopoli membentuk proteksi. Proteksi yang terkuat disebut pendapat umum.

KADANG kita berpikir, rezeki itu takdir suratan nasib. Mengapa? Karena satuan dari rezeki adalah kuasa Power. Sampai Via Vallen beruban pun kita tidak paham rezeki karena tidak memiliki Kuasa.

NETWORK

Mengapa CEO cenderung mengurus operasional, tapi komisaris cenderung ber-network. Karena seorang BOD komisaris mengurus kuasa power. Dengan bersekutu melalui network.

Ketika kita memulai training sebagai Product Manager di Hamburg untuk Beirsdorf GMBH dengan brand Nivea, president worldwide memberitahu bahwa posisi product manager memiliki dua keistimewaan.
1.Kreasi. Atau penciptaan
2.Membangun aliansi kerjasama co branding, dll

Maka dengan melatih kedua priviledge tersebut hasilnya adalah trust.

Oleh karena itu PIKIRAN seseorang itu kenapa sangat limited terbatas? Karena diisi oleh self interest.. Oleh karena itu pikiran seseorang harus connected kepada Higher power atau Higher self yaitu OPI other people interest.

Setiap hari kita berpikir begini begitu, sungguh sebuah mubazir. Namun saat anda terhubung connected dengan interest kepentingan owner, anda membangun aliansi strategis. (Penulis: Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM., New Money Coaching NMC group)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.